Hindari 5 Kebiasaan Tidak Sehat Ini, Jika Kamu Ingin Hidup Lebih Lama

Hindari 5 Kebiasaan Tidak Sehat Ini, Jika Kamu Ingin Hidup Lebih Lama

ilustrasi seseorang dengan kebiasaan yang tidak sehat--sumber & design freepik.com

INFORADAR.ID -  Gaya hidup tidak sehat adalah kebiasaan tidak sehat yang dilakukan tanpa memperhitungkan efek negatifnya terhadap kesehatan. Sederhananya, gaya hidup tidak sehat adalah melakukan aktivitas yang berbahaya bagi kesehatan.

Ada beberapa jenis gaya hidup dengan kebiasaan tidak sehat. Contohnya seperti begadang, tidak berolahraga, pola makan yang buruk, merokok, minum minuman beralkohol, dan kecanduan narkoba.

Merokok, begadang, dan pola makan yang tidak sehat adalah contoh perilaku yang dapat menyebabkan berbagai penyakit. Namun, kebiasaan tidak sehat ini disadari atau tidak, hal-hal tersebut sebenarnya hampir menjadi kebiasaan sehari-hari.

Jika kebiasaan buruk tersebut terus berlanjut, maka dapat menyebabkan gangguan fisik dan mental. Contohnya seperti kecemasan, obesitas, malnutrisi, kolesterol, tekanan darah tinggi, dan depresi.

1. Begadang

Terjaga di malam hari secara terus menerus dapat menyebabkan gangguan fungsi otak yang berhubungan dengan tidur dan tidak mengherankan jika anak muda yang sering tidur sepanjang malam lebih rentan terhadap masalah kesehatan mental.

BACA JUGA:Meningkatkan metabolisme Inilah Makanan dan Cara Untuk Mempercepat Metabolisme

Hal ini sering kali diremehkan, terutama oleh anak muda/generasi Z yang terus melakukannya. Padahal efeknya berbahaya. Efek begadang yaitu mempercepat penuaan pada area mata, kulit kusam karena regenerasi kulit yang lambat, meningkatkan risiko diabetes, tekanan darah tinggi, dan masih banyak lagi.

2. Pola makan yang buruk 

Pola makan yang buruk dan tidak sehat cenderung memiliki efek jangka panjang pada kesehatan fisik. Hindari makanan tinggi gula, garam, dan lemak jenuh. Pastikan Anda mengonsumsi makanan segar dan alami.

Banyak hal seperti mie pedas, boba, shirok, sevlak, gorengan, kopi dengan es susu, dan makanan beraroma adalah pembunuh diam-diam, tetapi banyak orang yang memilih untuk mengonsumsinya. Efeknya muncul setelah usia 40 tahun.

3. Kebiasaan merokok

Kebiasaan merokok menyebabkan banyak masalah kesehatan dan sering kali menyebabkan penyakit kronis seperti kanker, asma, dan gangguan otak. Merokok juga dapat menyebabkan kecanduan.

Merokok tidak hanya merusak paru-paru, tetapi juga dapat merusak otak karena mengurangi asupan oksigen ke otak. Merokok juga menyebabkan penyakit Alzheimer dan dapat mencegah DNA bereplikasi dengan benar, karena amina heterosiklik yang dilepaskan selama pembakaran tembakau menyebabkan mutasi yang mengarah ke sel kanker.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: