Daya Tarik Pendidikan di Amerika Terhadap Mahasiswa Indonesia

Daya Tarik Pendidikan di Amerika Terhadap Mahasiswa Indonesia

Suasana lingkungan kampus di Amerika Serikat-Politico-

INFORADAR.ID - Amerika Serikat (AS) adalah salah satu negara yang memiliki kualitas dan sistem pendidikan yang unggul dan dinobatkan sebagai negara paling bagus dari segi pendidikannya. Selain reputasinya yang bergengsi dalam academik, Amerika Serikat (AS) hingga sekarang masih terus menawarkan peluang-peluang kepada mahasiswa internasional termasuk mahasiswa  indonesia untuk melanjutkan pendidikannya di Amerika Serikat, bahkan Amerika Serikat terus menyambut jutaan siswa di universitas-universitas yang bergengsi yang ada di sana. 

Dengan unggulnya sistem dan kualitas pendidikan disana, tentu Amerika Serikat (AS) pasti memiliki trategi khusus serta sistem pendidikan yang unik yang tidak semua negara di belahan bumi ini miliki. Seperti halnya antara lain adalah diterapkannya pendidikan yang sifatnya fleksibel, di mana universitas-universitas di sana menawarkan segudang program dan kursus terhadap mahasiswanya, bahkan mereka diberikan kebebasan penuh untuk memilih program dan kursus yang disediakan di berbagai program studi.

Hal ini sangatlah membantu mahasiswa untuk mengeksplorasi subject yang sesuai degan minat mereka. Sedangkan salah satu sistem pembelajaran yang diterapkan oleh berbagai universitas yang ada di Amerika Serikat (AS) adalah sistem pembelajaran praktis dan autentik, yang mana sistem ini adalah menggabungkan pelajaran dengan aktifitas kehidupan nyata mahasiswa. Sistem pembelajaran seperti ini tentunya dirancang agar mahasiswa ikut terlibat dalam kerja atau praktek langsung ke lapangan, sehingga mahasiswa juga dapat memperdalam pemahaman mereka baik dari pelajaran maupun kerja nyata. 

Sebagai negara yang memiliki sistem dan kualitas pendidikan yang bagus dan unggul, tentunya sangat banyak bahasiswa dari berbagai negara yang lulus dari universitas-universitas yang ada di Amerika Serikat yang  mana mereka memiliki peran penting ketika sudah kembali ke negaranya masing-masing seperti halnya di Indonesia, yaitu Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi yaitu Luhut Binsar Panjaitan, beliau merupakan salah satu lulusan dari George Washington University, Washington D.C, Amerika Serikat. Beliau mengenyam pendidikan S2 nya di sana hingga beliau meraih gelar Masters in Public Administration.

BACA JUGA:Sambangi Universitas Primagraha, Radar Banten Goes To Campus Beri Pelatihan Media Digital

Mahasiswa-mahasiswa internasional termasuk mahasiswa indonesia sudah tidak lagi asing dengan Universitas-universitas yang ada di Amerika Serikat. Selain karena memang sistem pendidikan nya yang bagus, hal ini juga disebabkan oleh terkenalnya dan banyaknya lulusan yang suskses setelah kembali ke negaranya. Menurut Waliyul hakim (22), salah satu mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat mengatakan bahwa sistem pendidikan di Amerika Serikat sangatlah bagus, “Pendidikan di Amerika sangat bagus dan hingga sekarang pun pendidikan di sana masih menjadi sasaran mahasiswa internasional dan salah satunya termasuk indonesia” ucapnya.

Amerika Serikat (AS) tidak semata-mata langsung diakui sebagai negara yang memiliki pendidikan dengan kualitas yang bagus, melainkan ada banyak faktor yang mendorongnya sehingga Amerika Serikat (AS) bisa memiliki kualitas pendidikan yang bagus. Menurut Waliyul hakim, Amerika Serikat (AS) bisa memiliki pendidikan yang unggul dan bagus karena beberapa faktor. “Yang membuat Amerika itu unggul dalam pendidikannya, yang pertama karena teknologi pengajaranya yang canggih” ucapnya. Waliyul Hakim juga mengatakan bahwa dalam setiap ruang kelas universitas di Amerika Serikat terdapat banyak sekali fasilitas yang dapat membantu kegiatan belajar mengajar mereka.

Sedangkan faktor yang kedua menurut Waliyul Hakim adalah kegiatan tutor atau yang di sebut dengan Supplemental Instruction, yaitu mengulang pelajaran sebelum ujian dan membantu junior student untuk belajar sehingga dengan adanya Suplemental Instruction ini sangat membantu mahasiswa jika terdapat suatu permasalahan dalam pelajaran. Waliyul Hakim menambahkan bahwa tidak hanya itu saja yang mendorong Amerika Serikat memiliki kualitas pendidikan yang bagus melainkan ada beberapa faktor lainnya seperti adanya Carreer Centre (Pelatihan untuk menghadapi dunia kerja) dan juga American Chemist Society (Komunitas memperluas relasi di Amerika Serikat).

Kebanyakan mahasiswa internasional yang ingin melanjutkan pendidikan nya di Amerika Serikat masih bingung dan bentanya mengenai universitas unggul yang sebaiknya mereka pilih. Waliyul Hakim mengatakan “Harvard University adalah salah satu kampus yang bergengsi banget dan terkenal dengan keunggulan akademiknya” ucapnya. Waliyul Hakim pun menambahkan bahwa Harvard University juga merupakan kampus tertua dan pernah menduduki sebagai kampus terbaik di dunia, sehingga menjadikannya sebuah pilihan untuk melanjutkan pendidikan mereka merupakan pilihan yang tepat walaupun sebenarnya masih banyak universitas-universitas lainnya yang sama-sama bergengsi dan unggul seperti Oxford University, St. Cloud State University, The George Washington University dan juga lainya. 

“Dengan banyaknya lulusan yang sukses dari Amerika Serikat, tidak bisa kita pungkiri bahwa saat ini kita bisa merasakan langsung dampak dari bagusnya pendidikan di sana dalam dunia internasional.” Ungkap Ainun Najib (25), salah satu mahasiswa Istanbul Sahahattin Zaim University, Istanbul, Turkey. Ainun Najib juga menambahkan bahwa di negara Indonesia itu sendiri justru mahasiswa dapat melihat langsung  orang-orang sukses dan berpengaruh serta terlibat dalam kabinet-kabinet negara untuk membuat negara Indonesia maju, mereka merupakan lulusan dari Universitas di Amerika Serikat.

Seperti Bapak Sandiaga Salahuddin Uno (The George Washington University), Bapak Nadiem Anwar Makarim (Harvard Business School), Ibu Sri Mulyani Indrawati (University of Illinois at Urbana Champaign) dan banyak juga lainnya. Hal inilah yang membuat kita semakin merasa yakin bahwa  universitas-universitas di Amerika Serikat berkualitas dan menghasilkan lulusan-lulusan top.

Sebagai panutan dalam perndidikan modern, Amerika Serikat dikenal dengan kualitas pendidikannya yng tinggi. Dikutip dari World Population Review (WPR), sejak tahun 2021 Amerika Serikat menempati peringkat pertama sebagai negara terbaik dari segi sistem pendidikannya, dengan indeks pendidikan 0,900 dan merupakan indeks tertinggi sekala dunia. 

Bisnis.com.”Ini 5 Negara dengan Sistem Pendidikan Terbaik, AS Nomor Satu.” Diakses pada Oktober 01,2023.  https://m.bisnis.com/amp/read/20220927/19/1581592/ini-5-negara-dengan-sistem-pendidikan-terbaik-as-nomor-satu

Ato’illah, Mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Andalas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: