Jangan Berlarut-larut, Berikut Cara Mengelola Stress yang Baik Bagi Kesehatan

Jangan Berlarut-larut, Berikut Cara Mengelola Stress yang Baik Bagi Kesehatan

ilustrasi seseorang yang sedang merasakan stress--freepik @BalashMirzabey

INFORADAR.ID - Hampir seluruh orang pasti pernah merasakan stress, baik stress karena tugas atau karena pekerjaan, dan mungkin saja karena hal lain yang memang sulit diungkapkan.

stress sering kali membuat kita menjadi tidak fokus dalam melakukan segala aktivitas, seperti ketika sedang bekerja atau belajar.

kata stress mungkin sudah tidak asing lagi untuk anda, stress merupakan kondisi yang memnyebabkan adanya tegangan fisik, psikologis dan emosional. stress adalah respon terhadap hal-hal yang membuat emosi.

stress sebenarnya adalah hal yang umum, yang bisa terjadi pada siapa saja. tetapi, jika dibiarkan terus berlarut-larut, hal itu juga dapat mengganggu kesehatan tubuh loh.

Untuk mengurangi stress, anda bisa simak artikel berikut ini. berikut cara mengelola stress dengan baik 

BACA JUGA:Rasakan Manfaat Mengonsumsi Teh Bunga Telang Untuk Kesehatan Tubuh

1. Fokuskan fikiran untuk Saat Ini Saja

Stress sering kali muncul akibat kita yang terlalu over thinking. terkadang juga karena anda terlalu berlarut dan terjebak dalam peristiwa masalalu, terlebih jika kejadian tersebut membuat anda sedih. tetapi, stress dan terus berlarut-larut dalam kesedihan juga bukan jalan yang baik, anda Jalani hidup saat ini dengan baik dan jangan terlalu memikirkan apa yang akan terjadi nanti.

2. Melakukan Aktivitas yang menyenangkan

banyak hal yang bisa kita lakukan untuk mengurangi stress, salah satunya adalah dengan Melakukan aktivitas yang menyenangkan, melakukan hal yang menyenangkan membuat pikiran stress kita sedikit teralihkan. contoh kegiatan yang bisa anda lakukan untuk mengurangi stress adalah memasak, berkebun, atau bernyanyi.  tetapi, pastikan aktivitas yang kita lakukan itu positif agar tidak menimbulkan masalah baru.

3. Tenangkan Diri (Meditasi)

Melakukan meditasi dipercaya dapat mengurangi kadar hormon stres, yaitu kortisol, sehingga anda bisa lebih tenang. Lakukan meditasi atau yoga selama 10-15 menit (4-5 kali dalam seminggu).

Cara:

- Cari tempat yang sepi dan nyaman. lalu duduk dengan tenang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: