Jokowi Ingatkan Pemberitaan Pers Tak Terpancing Hal yang Viral dan Hoaks

Jokowi Ingatkan Pemberitaan Pers Tak Terpancing Hal yang Viral dan Hoaks

Presiden Joko Widodo. Foto: Humas Setkab/Agung--

INFORADAR.ID --- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan insan pers agar dalam membuat pemberitaan tidak terpancing oleh sesuatu yang viral dan hoaks. 

"Saya minta pemberitaan media jangan terpancing bersaing karena hal yang viral atau bersaing karena hoaks, dan jangan terpancing karena yang penting beritanya viral, heboh, dibaca. Saya kira hal-hal seperti itu yang harus kita hindari,” kata Jokowi saat membuka Kongres XXV Persatuan Wartawan Indonesia Tahun 2023, di Istana Negara, Jakarta, Senin, 25 September 2023 siang. 

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi mengajak seluruh insan pers di Indonesia untuk memegang teguh kode etik jurnalistik.

Terkait hal itu, Presiden Jokowi meminta PWI untuk terus menjaga profesionalisme insan pers di tanah air dalam menyuguhkan pemberitaan. 

Kata Presiden, sebagai organisasi wartawan tertua dan terbesar di Indonesia, PWI dituntut untuk dapat membantu masyarakat dalam mendapatkan pemberitaan yang benar, autentik, berkualitas, dan berimbang.

"Jadi kode etik jurnalistik harus terus kita pegang teguh, karena memang inilah nilai plus dari media dan pers. Dan, inilah kelebihan media dan pers dibandingkan dengan citizen journalism,” kata Jokowi sebagaimana dilansir dari laman setkab.go.id. 

Menurut Jokowi, saat ini mestinya berita yang baik itu bukan berita yang asal viral, bukan berita yang asal sensasional, karena itu justru memicu bertebarannya hoaks yang sampai saat ini masih ada. "Saya mendapatkan laporan dari Menkominfo kira-kira masih 11 ribu yang bertebaran di dunia digital,” kata Jokowi  

Dalam kesempatan itu, Jokowi menyampaikan apresiasi kepada insan pers Indonesia yang selama ini kritis dan cermat dalam memberi masukan dan kritik kepada pemerintah. 

Jokowi menilai kritik dan masukan dari insan pers tersebut merupakan energi tambahan bagi pemerintah. "Menurut saya, semua pemberitaan itu tidak apa-apa dan semua tetap menjadi jamu sehat dan energi tambahan bagi pemerintah, apalagi ini makin dekat dengan tahun politik, nah pasti semakin banyak yang tadi saya sampaikan, akan keluar,” kata Presiden. 

Hadir dalam acara kongres tersebut adalah Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi, Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung, Ketua Umum PWI Atal S Depari dan Ketua Dewan Pers Ninik Rahayu

 

Editor: M Widodo

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: