Program KUR BRI 2023, Pembiayaan Modal Usaha dari Pemerintah

Program KUR BRI 2023, Pembiayaan Modal Usaha dari Pemerintah

Ilustrasi uang.-Pexels-

INFORADAR.ID- Kredit Usaha Rakyat (KUR) merupakan pembiayaan yang disediakan oleh Pemerintah melalui lembaga keuangan yakni Bank BRI sebagai penyalur. Dana dari KUR BRI 2023 tersebut terbagi dalam tiga jenis produk, yaitu KUR Mikro, KUR Kecil dan KUR TKI. Saat ini pemerintah telah mengalokasi dana sebesar sebesar Rp270 triliun yang dialokasikan untuk pelaku usaha.

Dana tersebut salah satunya disalurkan melalui program KUR BRI 2023, yang bisa diajukan oleh setiap warga atau pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). KUR BRI dibagi dalam tiga jenis produk dan pilihan yakni, KUR Mikro BANK BRI, KUR Kecil BANK BRI dan KUR TKI BANK BRI.

Untuk pengajuan KUR BRI 2023, tentu syarat utamanya harus memiliki usaha yang layak dan produktif serta dikelola secara individu yang sudah berjalan selama enam bulan. Bagi calon debitur yang hendak mengajukan KUr BRI ada dua pilihan, yakni mengajukan secara online melalui kur.bri.co.id dan datang langsung ke Bank BRI terdekat.

1. KUR Mikro

KUR mikro adalah jenis pinjaman untuk pengusaha kecil berskala mikro, untuk besaran maksimal pinjamannya yakni sebesar Rp25 juta. Jumlah ini bisa berbeda tergantung kebijakan di masing-masing bank penyalurnya.

2. KUR Kecil

KUR Kecil merupakan KUR BRI yang ditujukan untuk pengusaha kalangan menengah yang berpotensi membayar cicilan dengan bunga flat atau bunga anuitas setara. Batas maksimal pinjaman KUR kecil sebesar Rp100 juta hingga Rp500 juta.

BACA JUGA:KUR BRI 2023 Bisa untuk Modal Bangun Perusahan Start Up? Perhatikan Hal Ini Terlebih Dahulu

3. KUR TKI

KUR TKI adalah bantuan permodalan untuk Tenaga Kerja Indonesia (TKI) atau warga yang ingin bekerja di luar negeri tetapi tidak memiliki modal awal dan pembiayaannya. Batas maksimal pinjaman untuk jenis KUR ini yaitu Rp25 juta.

Kemudahan yang diberikan KUR BRI 2023 yakni angsuran yang kecil. Bahkan dana yang dapat diajukan cukup variatif dari yang terkecil Rp 10 juta dan yang terbesar Rp 100 juta hingga Rp 500 juta.

Angsuran KUR BRI 2023 per Bulan dengan contoh besaran pinjaman Rp 100 pjuta. Berikut simulasi angsuran KUR BRI 2023 di antaranya:

- Jatuh tempo durasi cicilan 1 tahun: 

Rp 8.833.333 per bulan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: