KUR BRI 2023 Bisa Pinjam Lebih dari Satu Kali, Tapi Simak Dulu Nih Syarat dan Ketentuannya

KUR BRI 2023 Bisa Pinjam Lebih dari Satu Kali, Tapi Simak Dulu Nih Syarat dan Ketentuannya

Uang kertas Rp100.000, Rp50.000, Rp20.000, dan Rp10.000-Tangkapan Layar Bank Indonesia-

INFORADAR.ID - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk mendapatkan alokasi penyaluran KUR 2023 sebesar Rp270 Triliun untuk seluruh Indonesia. 

Adapun usaha produktif bisa mendapatkan KUR BRI 2023 adalah usaha untuk menghasilkan barang atau jasa untuk memberikan nilai tambah dan meningkatkan pendapatan bagi pelaku usaha.

Sedangkan usaha yang feasible (layak) adalah usaha calon debitur yang menguntungkan. KUR BRI 2023 sebesar Rp270 Triliun disalurkan untuk membantu usaha produktif dan layak.

Menurut Direktur Bisnis Mikro BRI, Supari, Bank BRI mendapatkan alokasi penyaluran KUR 2023 sebesar Rp270 triliun.

"Untuk persyaratan dan ketentuan penyaluran KUR, BRI mengacu pada Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Permenko) RI Nomor 1 Tahun 2023 tentang Pedoman Pelaksanaan KUR," katanya dikutip INFORADAR.ID, dari Website, @Bank Bri, Kamis, 21 September 2023.

Supari menjelaskan, bagi debitur atau peminjam KUR BRI yang baru pertama kali pinjam akan dikenakan bunga sebesar 6 persen per tahun. Suku bunga sebesar 6 persen untuk debitur mengajukan pinjaman di atas sebesar Rp10 juta baik itu KUR Mikro maupun KUR Kecil.

BACA JUGA:Selain KUR BRI 2023, Program UMi Juga Selamatkan Masyarakat dari Jeratan Rentenir

"Jika sudah pernah meminjam lebih dari satu kali maka suku bunga yang dibebankan ke nasabah akan lebih tinggi. Tidak lagi sebesar 6 persen tetapi naik menjadi 7 persen," katanya.

Bunga pinjaman naik sebesar 7 persen pada saat debitur mengambil pinjaman yang kedua kalinya. Selanjutnya, ketika pengambilan kedua sudah lunas dan akan mengajukan pinjaman KUR yang ketiga kalinya maka bunga pinjaman  naik menjadi  8 persen.

"Kemudian untuk pinjaman berikutnya bunga naik sampai ke 9 persen," katanya.

Jadi, bagi calon debitur harus mengetahui besaran bunga pinjaman saat mengajukan KUR BRI 2023. Apabila baru pertama kali maka bunga pinjaman hanya sebesar 6 persen.

Adapun persyaratan untuk mendapatkan KUR BRI 2023, setiap debitur harus melengkapi persyaratan sesuai dengan pengajuan baik KUR Mikro Bank BRI maupun KUR Kecil Bank BRI.

Untuk KUR Mikro Bank BRI, setiap debitur bisa mendapatkan maksimum pinjaman sebesar Rp50 juta per debitur. Dengan suku bunga 6 persen dan bebas biaya administrasi.

Adapun persyaratan yang harus dilengkapi diantaranya: 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: