Ziarah Makam Abuya Dimyathi Cidahu al-Bantani, Waliyullah Paku Banten

Ziarah Makam Abuya Dimyathi Cidahu al-Bantani, Waliyullah Paku Banten

Foto Abuya Dimyathi al-Bantani--

INFORADAR.ID - Abuya Dimyathi merupakan salah satu ulama berpengaruh di Banten sekaligus pemimpin Pondok Pesantren Cidahu, Kabupaten Pandeglang. Sejak era penjajahan maupun awal kemerdekaan.

Abuya Dimyathi adalah sosok yang gigih dan tanpa pamrih dalam berjuang. Tercatat Abuya Dimyathi pernah tergabung sebagai intelejen/mata-mata pada Front Tanagara (Tanagara merupakan nama daerah di Cadasari, Pandeglang, Banten).

Abuya Dimyathi semasa hidupnya dikenal sebagai gurunya dari para guru dan kiainya dari para kiai. Masyarakat Banten menjuluki beliau juga sebagai pakunya Banten. 

Selain dikenal sebagai sosok yang sempurna dalam menjalan syariat agama, beliau juga dikenal sabagai salah satu ulama yang menjalankan kehidupan peribadi dengan pendekatan tasawuf. Dalam thariqah beliau menganut tarekat Naqsabandiyyah Qodiriyyah, maka wajar jika dalam perilaku sehari-hari beliau penuh tawadhu’, istiqamah, zuhud, dan ikhlas.

Walau dalam thariqah beliau menganut tarekat Naqsabandiyyah Qodiriyyah, secara pengamalannya beliau menempuh cara yang unik. Secara tegas beliau mengatakan, “Thariqah aing mah ngaji!” (Jalan saya adalah ngaji).

BACA JUGA:Menjelajahi Situs Ziarah Banten Lama

Karya Abuya yang telah dicetak di Pesantren Raudatul ‘Ulum Cidahu adalah:

1. Minhaj al-Istifa fi Khashaish Hizb an-Nashr wa Hizb al-Ikhfa

2. al-Hadiyyah al-Jalaliyyah fi ath-Thariqah asy-Syaziliyyah

3. Ashl al-Qadr fi Khashaish Fadlail Ahl Badr

4. Rasm al-Qashr fi Khashaish Hizb an-Nashr

5. Bahjah al-Qalaid fi ‘Ilm al-‘Aqaid

6. Nur al-Hidayah fi Ba‘d ash-Shalawat ‘ala Khair al-Bariyyah

7. Majmu‘ah al-Khutab. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: