3 Ulama Paku Bumi Banten, Penangkal Malapetaka Tanah Banten

3 Ulama Paku Bumi Banten, Penangkal Malapetaka Tanah Banten

3 Ulama Paku Bumi Banten, Penangkal Malapetaka Tanah Banten--Youtube/ Jejak Para Wali

INFORADAR.ID - Berikut ini tiga ulama yang menjadi Paku Bumi Banten.

Ulama Paku Bumi Banten yakni, Abuya Syar'i Ciomas, Abuya Muhtadi Cidahu, dan Abuya Munfasir Padarincang.

Ketiga ulama Paku Bumi Banten yang menjadi tiang dalam penyebaran Islam di Nusantara khususnya Banten.

Provinsi Banten, yang dikenal dengan Seni Debus, konon memiliki paku atau penjaga yang luar biasa, dan di sini terdapat tiga orang pendekar Banten yang masih hidup sampai sekarang.

Abuya Syar'i Ciomas Banten

Abuya Tubagus Ahmad Syar'i Ciomas Banten saat ini merupakan tokoh ulama yang paling dikenal di Banten sebagai Paku Banten.

Satu-satunya murid Syekh Nawawi al-Bantani sekaligus ulama satu angkat dnegan pendiri Nahlatul Ulama Mbah Hasyim Asy'ari.

BACA JUGA BACA JUGA:Menjelajahi Situs Ziarah Banten Lama

Usianya kini sekitar 153 tahun, yang tentu saja berarti sudah sangat tua. Beliau tidak banyak dikenal di Nusantara, apalagi di Banten. 

Hal ini dikarenakan beliau hampir tidak pernah muncul di depan umum dan kesehariannya hanya di rumah dan menerima tamu yang datang meminta doa dan darokah Abuya Syar'i.

Dia dikabarkan sebagai pemilik golok Ciomas, yang bukanlah golok biasa, melainkan golok prasejarah yang digunakan Suku Badui saat menyerang Banten.

Saat ini golok Ciomas dapat ditemukan di mana-mana, tetapi hanya ada satu golok asli yang saat ini diawasi oleh Abuya Syari'i Ciomas.

Abuya Muhtadi Cidahu Pandeglang Banten

Beliau adalah seorang ulama terkenal sebagai Paku Banten dan anggota jajaran Mustasyar PBNU. Beliau adalah putra dari Abuya Dimyati Cidahu Pandeglang dan ayahnya adalah seorang Waliullah yang terkenal tidak hanya di nusantara tetapi juga di dunia Internasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: