Rawa Dano, Salah Satu Cagar Alam Banten yang Unik

Rawa Dano, Salah Satu Cagar Alam Banten yang Unik

Rawa Dano, Wisata Banten--instagram/ @triperopa_id

INFORADAR.ID - Banten memiliki beberapa pemandangan alam yang indah. Banyak tempat indah yang bisa ditemukan, salah satunya adalah Rawa Dano.

Rawa Dano terletak di Kampung Panenjoan, Desa Luwuk, Kecamatan Gunung Sari, Serang, Banten. Di lokasi ini, terdapat lanskap lembah hijau yang dikelilingi oleh area perairan.

Rawa Dano dulunya merupakan gundukan gunung berapi yang sudah tidak aktif dan seiring berjalannya waktu menjadi sebuah danau dan akhirnya menjadi lahan basah di atas danau.

Ketika tiba di daerah ini, kamu akan melihat alam yang indah. Penglihatanmu akan dimanjakan dengan rimbunnya pepohonan hijau yang tumbuh di sini.

Dengan luas sekitar 2.500 hektar, Rawa Dano dipenuhi dengan tumbuhan yang rimbun dan menjadi rumah bagi berbagai macam satwa, mulai dari berbagai jenis burung (Rawa Dano merupakan rumah bagi 250 jenis burung) hingga berbagai jenis reptil seperti buaya dan ular.

Rawa Dano telah ditetapkan sebagai cagar alam oleh Dinas Pariwisata Serang. Pemandangan alam yang indah di Rawa Dano dapat dilihat dari danau-danau yang berada di kaki perbukitan dan pegunungan.

BACA JUGA:Destinasi Wisata Pandeglang ke Pulau Peucang, Berapa Biaya yang Harus Disiapkan?

Pemandangan Rawa Dano yang berkabut dan hijau membuat orang takjub dan terpesona. Ketika matahari menyinari permukaan danau di Rawa Dano, permukaan danau tampak hijau.

Di sore hari ketika matahari lebih lemah, kabut putih menutupi danau. Meskipun danau tidak dapat terlihat dengan jelas, namun kesejukan dan keindahan kabut yang seperti kapas tersebut membuat suasana sore hari di Rawa Dano semakin santai.

Lokasi Panenjoan berada di ketinggian yang membuatnya seolah-olah berada di atas tebing. Alhasil, Rawa Dano dapat terlihat dari jauh dari kaki gunung, menjadikannya tempat yang ideal untuk tempat peristirahatan.

Di sekitar tempat peristirahatan terdapat kursi-kursi di mana wisatawan dapat bersantai dan menikmati pemandangan Danau Rawa Dano yang berkilauan.

Tidak jauh dari tempat peristirahatan terdapat sebuah vila yang menghadap ke danau. Di vila ini pengunjung dapat menikmati gemercik air dan kicauan burung setiap saat sepanjang hari.

Vila ini terjual habis pada hari libur. Terdapat banyak warung makan di area sekitar Rawa Dano. Rawa Dano merupakan wisata alam yang menarik untuk dikunjungi saat liburan.(*)

BACA JUGA:Beginilah Kondisi di Sepanjang Rute Wisata Pandeglang via Tanjakan Bangangah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber