Ratusan Warga Daftar Beasiswa Pro Kampus Hasil Kerja Sama Pemkab Pandeglang dan Universitas Terbuka

Ratusan Warga Daftar Beasiswa Pro Kampus Hasil Kerja Sama Pemkab Pandeglang dan Universitas Terbuka

Sekretaris Disdikpora Kabupaten Pandeglang Sutoto--

PANDEGLANG, INFORADAR.ID  - Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten PANDEGLANG telah menerima ratusan pendaftar kuliah gratis di Universitas Terbuka dalam Program Kurangi Anak dan Mahasiswa Putus Studi (Pro Kampus). 

Pro Kampus dibiayai Pemkab Pandeglang bersama Universitas Terbuka melalui Jalur Beasiswa CSR dan Pro Kampus Kabupaten Pandeglang tahun 2023. Pendaftaran kuliah telah ditutup pada 30 Agustus 2023.

Sekretaris Disdikpora Kabupaten Pandeglang Sutoto menjelaskan, tahun 2023 Pemkab Pandeglang membuka kesempatan kuliah S1 gratis Program Studi Pariwisata di Universitas Terbuka.  "Kuotanya buat 100 orang," katanya, Minggu, 10 September 2023.

Selain Prodi Pariwisata, lanjut dia,  yaitu Program Studi Agribisnis. Dua prodi ini menyesuaikan dengan potensi Pandeglang di sektor pariwisata, perikanan, pertanian dan kelautan.

Sutoto menjelaskan, Pemkab Pandeglang kerja sama dengan UT dalam rangka mencetak SDM unggul. Warga supaya memiliki kemampuan dan bisa berdaya saing ketika kawasan industri itu sudah dibuka dan akses konektivitas jalan tol Serang - Panimbang sudah tersambung.

Oleh karenanya, diungkapkan Sutoto, Pemkab Pandeglang melalui Disdikpora memberikan seluas - luasnya untuk menempuh pendidikan sesuai kebutuhan potensi usaha di Kabupaten Pandeglang.

"Pandeglang itu kan potensi pariwisata, secara alam memiliki daya tarik daerah lain maupun mancanegara kan sangat tertarik dengan Pandeglang. Kalau wisatawan banyak berkunjung ke Pandeglang, secara otomatis mendorong pertumbuhan ekonomi, PAD Pandeglang akan naik dengan pariwisata," katanya.

Sebelumnya, Wakil Bupati Pandeglang Tanto Warsono Arban menyatakan, Pro Kampus adalah upaya Pemkab Pandeglang untuk meningkatkan angka pendidikan di Pandeglang. "Hanya bisa diikuti oleh warga Pandeglang yang tidak mampu dan atau berprestasi dan lolos dalam tes wawancara," katanya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: