Minta Segera Diturunkan Hujan, Warga Picung Pandeglang Gelar Shalat Istisqa

Minta Segera Diturunkan Hujan, Warga Picung Pandeglang Gelar Shalat Istisqa

Foto jajaran muspika kecamatan picung dan warga lainnya melaksanakan sholat Istisqa memohon datangnya hujan/sumber: Foto via WhatsApp Camat picung--

INFORADAR.ID --- Minta segera diturunkan hujan, warga Desa Kolelet, Kecamatan Picung, Kabupaten Pandeglang menggelar shalat istisqa di lapangan desa setempat, Jumat, 8 September 2023. 

Shalat istisqa adalah shalat meminta diturunkan hujan, setelah terjadi kemarau panjang yang memicu kekeringan.

Kecamatan Picung merupakan salah satu kecamatan di Pandeglang yang mengalami kemarau panjang. Hal itu menyebabkan warga kesulitan mendapatkan pasokan air bersih. 

Untuk itu, warga bersama unsur Muspika, MUI dan masyarakat sepakat untuk menggelar shalat istisqa, meminta kepada Allah SWT agar segera menurunkan hujan.

Sementara itu, Camat Picung, Arip Mahmud mengatakan, warga Picung merasa prihatin dengan musim kemarau panjang, yang hingga kini masih berlangsung. Akibat kemarau panjang tersebut, warga mengalami kesulitan mendapat air bersih untuk kebutuhan sehari-hari.

"Oleh karena itu, warga bersama unsur Muspika  MUI, dan tokoh masyarakat sepakat untuk menggelar shalat istisqa ini. Harapannya, agar segera diturunkan hujan," kata Camat, Sabtu, 9 September 2023 sebagaimana dilansir dari radarbanten.co.id.

Menurut Camat, shalat istisqa diikuti juga oleh kaum perempuan. Selain melaksanakan shalat, warga juga memberikan santunan kepada anak yatim.

"Jadi kegiatan shalat dan kemanusiaan ini adalah hasil kerjasama antara Muspika, MUI, serta tokoh masyarakat yang bekerjasama dengan panitia untuk mengajak masyarakat ikut dalam dalam shalat istisqa, sekaligus memberikan santunan kepada anak yatim," beber Camat.

Arip menambahkan, pihaknya berencana kembali melaksanakan salat istisqa berjamaah pada bulan depan. 

Rencana tersebut merupakan keputusan rekomendasi MUI dan tokoh masyarakat yang telah berkoordinasi bersama.

"Jadi kami berencana untuk melaksanakan salat istisqa lagi bulan depan, bahkan akan mengajak lebih banyak lagi masyarakat untuk bergabung," pungkasnya. 

 

Reporter: Moch Madani Prasetia

Editor: M Widodo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: