Dua Bulan Kemarau, Pandeglang Mulai Diguyur Hujan

Dua Bulan Kemarau, Pandeglang Mulai Diguyur Hujan

Halaman parkiran Mapolres Pandeglang terlihat basah usai diguyur hujan pada Jumat (8/9) sore.-Foto: Purnama Irawan-

PANDEGLANG, INFORADAR -   Sebagian wilayah Kabupaten Pandeglang pada Jumat (8/9) diguyur hujan deras serta angin kencang yang pertama kalinya setelah dua bulan kemarau karena fenomena El Nino. Hujan deras yang terjadi sekira pukul 15.30 WIB berlangsung kurang lebih 30 menit.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Pemadam Kebakaran (BPBDPK) Kabupaten Pandeglang Rahmat Zultika mengatakan, kurang lebih dua bulan lamanya tidak ada hujan di wilayah Kabupaten Pandeglang.

"Baru hari ini, wilayah Pandeglang diguyur hujan. Namun hanya wilayah Pandeglang bagian sebelah utara saja," ungkap Rahmat Zultika kepada Radar Banten, Jumat (8/9).

Rahmat menjelaskan, berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG),  hujan kemarin terjadi hanya di Pandeglang bagian utara . Sedangkan bagian selatan belum hujan.

"Tadi juga kita mengonfirmasi ke teman-teman di wilayah selatan, di sana tidak turun hujan. Di sana saat ini masih mengalami dampak kekeringan, masih kemarau," katanya.

Ia berharap di daerah yang mengalami kekeringan segera ada hujan. Berdasarkan prakiraan BMKG, akan ada hujan di akhir Oktober 2023. "Semoga saja ada hujan lagi. Kita memohon doa saja agar ada hujan lagi dan merata di seluruh wilayah Kabupaten Pandeglang," katanya. 

Sementara itu, berdasarkan prakiraan BMKG pada Jumat hingga Minggu (8-9/9), cuaca di Carita dan Pandeglang yaitu cerah berawan dan berawan. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: