Ini Cara Mendaftar Secara Online untuk Menerima Bansos Kemensos

Ini Cara Mendaftar Secara Online untuk Menerima Bansos Kemensos

Ilustrasi seseorang yang sedang memberi bantuan-freepik-

INFORADAR.ID - Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) saat ini digunakan oleh Pemerintah untuk mengidentifikasi penerima berbagai bantuan sosial dan tunjangan sosial dari Kementerian Sosial 2023.

Oleh karena itu, setiap orang yang ingin menerima bantuan sosial dari Kemensos 2023 harus terlebih dahulu mendaftar di DTKS. Setelah itu, mereka baru bisa direkomendasikan sebagai penerima bansos.

Ada dua cara untuk mendaftar di DTKS, yaitu secara online dan offline. Untuk mendaftar, ada beberapa persyaratan yang harus disiapkan untuk melakukan verifikasi data diri.

Di bawah ini kami paparkan cara pendaftaran DTKS secara online dan offline, beserta syarat-syarat untuk mendapatkan bantuan sosial dari Kemensos di tahun 2023:

Sebelum mendaftar, pastikan Anda telah memenuhi persyaratan berikut ini

1. Merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) yang memiliki NIK KTP.

2. Memiliki data yang sesuai dengan data di Disdukcapil; dan

3. Berasal dari golongan yang tidak mampu secara sosial.

4. Bukan merupakan ASN, PNS, TNI, Polri atau anggota keluarganya.

Jika Anda ingin mengetahui apakah nama Anda termasuk dalam DTKS, Anda bisa mendatangi kantor Dinas Sosial (Dinsos) setempat. Katakan kepada petugas yang bertugas bahwa Anda ingin mengecek data integrasi bantuan sosial.

BACA JUGA : Bansos Kemensos PKH Cair September 2023, Segini Besaran Dana yang Diterima KPM

 

Petugas akan mengecek data tersebut menggunakan aplikasi Social Assistance System - Next Generation (SICS-NG). Aplikasi ini termasuk di dalamnya DTKS.

Jika data tersebut termasuk dalam hasil pengecekan, maka orang tersebut direkomendasikan sebagai penerima bantuan sosial. Namun jika tidak, mereka dapat mengajukan permohonan ke kantor desa secara online atau offline.

Bagaimana cara mendaftar di DTKS online?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: