4 Tempat Wisata Budaya Indonesia yang Wajib Dikunjungi Tahun 2023

4 Tempat Wisata Budaya Indonesia yang Wajib Dikunjungi Tahun 2023

Kuburan batu lokamata --Google pict/@jendry mamoto

INFORADAR.ID - Indonesia adalah salah satu negara yang paling terkenal di dunia untuk industri pariwisatanya. Indonesia memiliki berbagai industri pariwisata seperti pariwisata budaya, pariwisata alam dan pariwisata kuliner, yang menarik banyak wisatawan dari dalam dan luar negeri.

Dari ketiga industri pariwisata tersebut, pariwisata budaya menarik perhatian khusus. Hal ini didasarkan pada keanekaragaman budaya dan tradisi Indonesia, dan wisata budaya di setiap daerah menawarkan pengalaman yang berbeda.

Salah satu jenis liburan yang patut dipertimbangkan adalah mengunjungi daerah-daerah di Indonesia yang terkenal dengan kekayaan budayanya. 

Berikut 4 destinasi wisata budaya terpopuler di tahun 2023

1. Desa wisata Saba Baduy

Terkenal dengan adat istiadatnya yang kuat, desa yang terletak di pedalaman Banten ini merupakan tempat masyarakat Baduy yang masih hidup berdampingan dengan alam dan menjunjung tinggi tradisi dan budayanya. 

Sejumlah rumah penduduk setempat berfungsi sebagai homestay bagi wisatawan yang ingin bermalam dan merasakan cara hidup tradisional setempat. Pengunjung harus selalu mematuhi dan menghormati adat istiadat di tempat mereka menginap. Di Baduy Dalam, perangkat elektronik dilarang.

Lokasi : Kadujangkung, Bojong Menteng, Kec. Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Banten 42362

2. Desa wisata Wae Rebo

Dijuluki 'negeri di atas awan dari Indonesia Timur' karena pemandangannya yang bagaikan surga, Wae Rebo terletak di Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur. Terletak di lembah yang diapit beberapa punggung bukit, desa ini diselimuti kabut hampir sepanjang hari, membuat Anda serasa hidup di antara awan.

Lokasi : Satar Lenda, Kec. Satar Mese Bar., Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Tim.

3. Tana Toraja

Terkenal secara global karena ritual dan warisan budayanya, Tana Toraja adalah salah satu tempat wisata utama Sulawesi Selatan. Mulai dari kuburan batu di Loko Mata, hingga kompleks perumahan adat Tongkonan Pallawa, gua alam yang dijadikan makam, 56 menhir Batutumonga, hingga kuburan bayi Kambira, Toraja tak pernah kekurangan pemandangan dan pengalaman menakjubkan.

Lokasi Kuburan batu lokomata : 3VW6+9VW, Unnamed Road,, Tonga Riu, Kec. Sesean Suloara, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan 91833

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: