BCA punya Bank Digital? Inilah Pengertian dan Fitur yang Dimiliki Blu by BCA Digital

BCA punya Bank Digital? Inilah Pengertian dan Fitur yang Dimiliki Blu by BCA Digital

BLU by BCA Digital--youtube/ blu by BCA Digital

INFORADAR.ID - Blu merupakan aplikasi bank digital yang menawarkan berbagai fitur seperti tabungan, transaksi online, investasi dan aktivitas keuangan lainnya. 

BCA Digital yang sebelumnya bernama PT Bank Royal Indonesia kemudian diakuisisi oleh BCA dan berganti nama serta dikembangkan menjadi Layanan Tabungan Online.

Dalam beberapa tahun terakhir, sejumlah bank digital bermunculan di Indonesia dengan menawarkan fitur-fitur unggulan yang tidak tersedia di bank-bank tradisional. 

Dengan perkembangan teknologi yang semakin maju, masyarakat cenderung tertarik pada teknologi yang lebih menguntungkan, instan dan mudah. Salah satunya bank digital.

Blu adalah aplikasi mobile banking dari BCA Digital. Seperti aplikasi mobile banking lainnya, Blu dapat digunakan untuk bertransaksi selama 24 jam sehari, 7 hari seminggu, 365 hari dalam setahun.

BACA JUGA:Buka Tabungan Bank Digital Seabank, Apakah Aman?

Blu memiliki keunggulan yang tidak dimiliki oleh bank tradisional, misalnya pembukaan rekening yang hanya dapat dilakukan secara online melalui aplikasi Blu tanpa harus datang ke kantor cabang.

Blu adalah aplikasi keuangan yang ideal untuk generasi milenial yang mencari kemudahan dan keuntungan. 

Tidak ada biaya pengelolaan bulanan, sehingga saldo akan selalu sama tanpa potongan seperti bank pada umumnya.

Selain itu, selama dua bulan pertama dan hingga 20 kali dalam sebulan setelah membuka rekening Blu, tidak ada biaya transfer di ATM BCA dan tidak ada biaya tarik tunai dan transfer ke bank lain.

Rekening Blu by BCA Digital berbeda dengan rekening BCA biasa, sehingga kamu tidak perlu memiliki rekening BCA terlebih dahulu untuk membuka rekening Blu.

Adapun fitur-fitur yang dimiliki oleh Blu by BCA Digital adalah sebagai berikut:

Fitur Tabungan 

Selain menyimpan uang di rekening utama, aplikasi Blu juga memungkinkan untuk menambahkan jenis rekening lain sesuai kebutuhan. 

Contohnya adalah akun blu Saving, bluGether dan bluDeposit.

  • BluSaving

BluSaving adalah fitur tabungan khusus yang berbeda dengan Blu Account. Jenis rekening ini dapat digunakan untuk keinginan tertentu, seperti liburan, beli ponsel atau laptop, hingga mobil. 

Dengan demikian, sebagian penghasilanmu dapat disisihkan ke dalam rekening Blu Saving.

BACA JUGA:Simak, 5 Keuntungan dari Bank Digital Versi Forbes Ini Bisa Bikin Anda Buka Rekening

  • BluGether

BluGether adalah jenis rekening bersama dan dapat digunakan untuk keperluan kelompok seperti keuangan arisan atau kegiatan lainnya. 

Keuntungannya adalah terdapat 24 anggota yang dapat bergabung dalam rekening ini dan semuanya dapat menambah atau melihat saldo dan riwayat transaksi. 

Oleh karena itu, semua transaksi transparan dan dapat dilihat oleh semua anggota.

  • BluDeposito

BluDeposito adalah jenis akun deposito tetap yang menawarkan suku bunga tinggi dan cocok untuk investasi. 

Jumlah setoran yang ditawarkan juga ringan, mulai dari Rp. 1 juta, dan jangka waktu deposito mulai dari satu hingga 12 bulan. 

Deposito dapat ditarik sebelum jatuh tempo jika terjadi pengeluaran mendadak, dan dalam hal ini tidak ada bunga yang harus dibayarkan.

Fitur Transaksi

Selain transfer uang, aplikasi Blu juga memudahkan untuk melakukan transaksi, seperti : 

  • Bayar/pembelian

Bayar/pembelian adalah fitur yang memudahkan pembayaran tagihan. 

Transaksi berulang dapat disimpan dan waktu pembayaran dapat diatur sehingga pemberitahuan ditampilkan dan tagihan tidak dibayar.

  • QRIS

QRIS adalah sistem pembayaran baru yang memungkinkan kamu membayar transaksi apa pun hanya dengan memindai kode. 

Saat ini, semakin banyak merchant yang mendukung QRIS, dan hal ini merupakan keunggulan Blu yang sudah bisa menggunakan QRIS.

  • Penarikan tunai

Meskipun BCA Digital tidak memiliki ATM khusus, namun uang tunai dapat ditarik dari ATM BCA di seluruh Indonesia tanpa dikenakan biaya. 

Tarik Tunai dapat diambil hingga Rp 7 juta dalam satu hari.

  • E-money

Jika kamu sering menggunakan e-money, tak perlu repot-repot melakukan top up. 

Blu bisa diisi ulang tanpa biaya administrasi untuk dua bulan pertama. Bahkan gratis jika saldo rata-rata kamu mencapai Rp 1 juta atau lebih per bulan. 

Fitur Monitor

Dengan fitur Blu monitor, kamu dapat melihat semua transaksi yang telah terjadi dalam kurun waktu tertentu. 

Aplikasi Blu menyediakan laporan keuangan yang dapat dengan mudah diunduh dan digunakan untuk kebutuhan SPT pajakmu. 

Kamu juga dapat memfilter laporan untuk menampilkan beberapa jenis transaksi saja, seperti pembayaran tagihan, pembelian pinjaman, dan transfer.

Itulah pengertian Blu by BCA Digital serta fitur - fitur yang dimiliki oleh bank digital satu ini. Apakah kamu ingin mencobanya?.(*)

BACA : No Ribet, Ini Keuntungan dan Cara Daftar Digital Bank Livin by Mandiri

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber