Sering Terkena Influenza? Begini Cara Mudah Mengobatinya

Sering Terkena Influenza? Begini Cara Mudah Mengobatinya

Potret Seseorang Terkena Flu--freepik/ Drazen Zigic

INFORADAR.ID - Flu adalah penyakit yang dapat menyerang semua orang.

Karena flu adalah penyakit yang tidak berbahaya, penyakit ini sering kali diremehkan atau diabaikan oleh penderitanya.

Meskipun tidak berbahaya, flu sering kali menimbulkan rasa tidak nyaman pada penderitanya. Bahkan, dapat mengganggu kehidupan sehari-hari.

Bagi kebanyakan orang, flu menguras emosi penderitanya. Pasalnya, flu menimbulkan berbagai gejala seperti demam, badan pegal-pegal, pilek, batuk, sakit tenggorokan, pilek, dan kelelahan.

Dalam hal ini, kamu yang sedang terserang flu tentu saja ingin segera meringankan dan mengatasi flu dan kembali beraktivitas seperti biasa.

BACA JUGA:Mitos dan Fakta Tentang Flu, Influenza Bukanlah Flu Biasa

Jika kamu terserang flu dan ingin segera sembuh, kamu bisa mencoba beberapa cara alami berikut ini :

Minum banyak air putih

Jika kamu masih dalam tahap awal atau sudah terkena flu, minum banyak air mineral untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi akan membantu meringankan gejala flu seperti hidung tersumbat.

Jika tubuh tidak cukup terhidrasi, lendir dan cairan hidung menjadi kental dan lengket, menyebabkan hidung tersumbat parah dan menyulitkan kamu untuk bernapas.

Oleh karena itu, hindari minuman seperti kopi, dan minuman lain yang membuat tubuh dehidrasi.

Minum teh panas

Selain minum air putih, lebih efektif untuk minum minuman panas seperti teh yang diseduh daripada minuman dingin saat kamu mengalami flu.

Mengonsumsi minuman panas memungkinkan uap dari teh panas membuka dan melegakan saluran pernapasan yang terkena flu.

Teh herbal dekongestan ringan juga dapat diminum. Carilah teh yang mengandung herbal dengan kandungan anti-inflamasi dan antihistamin, seperti mint, jahe, dan chamomile.

Saat minum teh herbal, pilihlah yang tidak mengandung kafein. Kemudian hiruplah uapnya sebelum meminum teh herbal panas.

Minum teh herbal panas saat sedang flu dapat membantu meredakan hidung tersumbat dan juga meredakan sakit tenggorokan.

BACA JUGA:8 Pengobatan Rumahan Pilek dan Flu

Hirup uap panasnya

Cara meredakan flu selanjutnya adalah dengan menghirup uap panas. Cara alami ini terbukti ampuh untuk mengatasi hidung tersumbat dan pilek yang disebabkan oleh flu.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam IOSR Journal of Dental and Medical Sciences pada tahun 2015, sebuah studi pada penderita flu membuktikan bahwa menghirup uap panas dapat mengatasi keluhan yang ditimbulkan akibat pilek.

Menghirup uap dapat mempercepat pemulihan pilek sekitar satu minggu dibandingkan dengan tidak menghirup uap panas sama sekali. Jika kamu ingin mencoba cara alami ini, kamu  perlu mengikuti langkah-langkah berikut :

Panaskan air bersih di dalam panci di atas kompor

Panaskan hingga mengepul, tapi jangan sampai mendidih

Letakkan wajah di atas uap selama 20-30 menit

Kemudian tarik napas dalam-dalam melalui hidung

Jika wajah mulai merasakan kehangatan uap, istirahatlah sejenak atau jeda

Kemudian dorong udara keluar melalui hidung untuk mengeluarkan lendir dan pilek

Saat menghirup uap untuk menghilangkan flu, kamu dapat menambahkan beberapa tetes minyak esensial dekongestan ke dalam air. Minyak esensial yang dapat ditambahkan antara lain pinus, rosemary, sage, tea tree, peppermint, eucalyptus, dan thyme.

Senyawa yang berasal dari tumbuhan di atas juga ditemukan dapat dengan mudah dibeli.

Mandi air panas

Jika menguapi wajah membosankan dan tidak praktis, mandi air panas dapat membantu meredakan flu. Mandi air panas ini sama seperti minum teh panas atau menguapi wajahnya.

Bedanya, mandi air panas membersihkan dan merilekskan tubuh. Mandi air panas dapat meredakan hidung tersumbat dan pilek.

Setelah mandi air panas, seseorang bisa langsung beristirahat. Jika kamu memiliki ember atau bak mandi yang besar, kamu dapat merendam tubuh dan bersantai.

BACA JUGA:7 Manfaat Yoga untuk Menjaga Kesehatan Mental

Makan makanan pedas

Jika hidung tersumbat parah, salah satu pilihannya adalah makan makanan pedas.

Cobalah makan makanan yang mengandung rempah-rempah pedas seperti cabai, wasabi, jahe, dan lada.  

Mengkonsumsi rempah-rempah ini dapat membantu meredakan hidung tersumbat karena tubuh merasa panas dan saluran air dalam tubuh melebar.

Hindari alergi

Alergi dapat memperburuk gejala flu seperti sakit tenggorokan, sakit kepala dan bersin-bersin. Menghirup partikel kecil alergen (zat penyebab alergi) dapat mengiritasi saluran hidung dan menyebabkan sekresi lendir yang berlebihan ke dalam hidung.

Cara terbaik untuk mencegah gejala pilek memburuk adalah menghindari alergen sebisa mungkin atau membatasi zat yang memicu reaksi. Alergen yang umum seperti serbuk sari, bunga liar, gigitan serangga, dan debu.

Tidur dengan sandaran yang tinggi

Jika kamu menderita flu, posisi tidur kamu perlu diperhatikan dan disesuaikan. Tinggikan penyangga kepala saat tidur dan tambahkan bantal jika perlu.

Meninggikan kepala saat tidur dapat melegakan saluran hidung yang tersumbat saat flu. Selain meninggikan sandaran, pastikan sandaran tersebut dapat menopang kepala dan leher dengan nyaman.

Hindari posisi yang terlalu keras atau yang menyebabkan sakit leher saat bangun.

Kompres dengan air hangat

Salah satu cara untuk meredakan flu adalah dengan mengompres hidung dan dahi. Cara ini dianggap sangat efektif untuk meredakan nyeri sinus dan sakit kepala.

Makan sup atau kuah panas

Sup ayam dapat membantu mengatasi gejala infeksi saluran pernapasan atas. Sup ayam juga bermanfaat untuk melawan flu.

Hal ini karena sup ayam memiliki sifat anti-inflamasi dan memiliki aroma uap yang membersihkan sinus. Selain sup ayam, kamu mungkin juga lebih menyukai makanan jenis kuah panas, seperti bakso.(*)

BACA JUGA:Mampu Atasi Gangguan Pencernaan, 5 Manfaat Air Ketumbar untuk Kesehatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: gramedia.com