Mahasiswa Baru Wajib Tahu, Inilah Tipsnya Agar Tetap Stay Cool

Mahasiswa Baru Wajib Tahu, Inilah Tipsnya Agar Tetap Stay Cool

ilustrasi mahasiswa baru--Pixabay @geralt

INFORADAR.ID - Ada begitu banyak hal yang akan ditempuh bagi siapa pun yang masuk ke perguruan tinggi.

 

Mulai dari menghadapi pelajaran yang terkadang jadwal belajar tidak menentu, menghadapi dosen yang berbeda-beda karakter, dan peraturan ketika masuk kelas.

 

Masa kuliah merupakan masa–masa yang indah dimana kamu bertemu dengan orang-orang yang membuka pikiranmu menjadi lebih dewasa. 

 

Serta, di kampus juga kamu juga akan mendapatkan ilmu yang tak pernah didapatkan di masa sekolah dulu. Dan kamu juga akan bertemu dengan banyak organisasi. 

 

Berikut ini ada 5 Tips kuliah buat kamu yang saat ini menjadi seorang mahasiswa baru.

 

1. Membangun First Impression yang baik.

 

First impression sangat menjadi hal terpenting yang perlu diingat oleh siapa pun saat pertama kali seseorang bertemu dan berkenalan langsung. Ini adalah tentang cara penilaian orang lain terhadap dirimu pada pertemuan awal. 

 

The Power Of First Impression, sangat monolong dirimu untuk mendapatkan kepercayaan dari teman kuliahmu maupun dosen di kemudian hari.

 

Jadi, perhatikanlah perkenalan pertamamu dengan benar, jadilah sosok yang memiliki energi positif seperti menyapa dengan ramah dan diiringi dengan senyuman. 

 

Sering kontak mata dengan lawan bicaramu, menyebutkan nama seseorang dengan sopan agar lawan bicara merasa dihargai dan diingat selalu. 

 

Melakukan gerakan tubuh yang tidak berlebihan, menjaga sikap dan postur tubuh dengan baik dan rileks. Bila perlu saat pertama bertemu maupun saat berpisah melakukan berjabat tangan dengan teman-temanmu, tidak masalah juga jika kamu memulai percakapan ringan terlebih dahulu dengan teman sebelahmu.

 

2. Mengikuti Peraturan Kampus 

 

Setiap instansi apapun mempunyai aturan yang perlu dipatuhi, untuk seorang mahasiswa baru patut untuk memperhatikan peraturan kampus yang ada, jenis peraturannya pun ada peraturan yang tertulis maupun peraturan yang tidak tertulis. 

 

Mungkin seorang mahasiswa baru diwajibkan memakai seragam baju putih dan celana hitam, atau buku yang digunakan harus buku tulis yang halaman seratus, serta menyapa senior maupun dosen di kampus dengan ramah.

Itu semua adalah tergantung dari kebijakan setiap kampus. Dan kamu juga harus ingat, jangan berbicara tidak sopan kepada orang baru yang ditemui di kampus, bisa saja yang terlihat seperti teman seangkatanmu itu nyatanya adalah kakak tingkat atau malah dosenmu.

 

3. Pintar dalam Berteman

 

Memiliki banyak teman memang suatu keberuntungan, hidup terasa memiliki banyak warna dan penuh tawa.

 

Namun, di dalam dunia perkuliahan, perlu berhati-hati dengan namanya teman. Bisa saja yang di depan adalah teman, namun saat dibelakang dan tanpa sepengetahuanmu berbuat buruk terhadapmu.

 

Lalu bagaimana caranya memilih teman yang baik? Lihatlah bagaimana dia berbicara didepan dosen, kepada temannya, dan saat belajar berkelompok. Apakah dia benar-benar teman yang mempunyai pribadi yang baik atau bukan.

 

Di perkuliahan tidak ada yang dapat kita percaya selain diri sendiri dan kemampuan yang dimiliki.

Namun, tidak dapat dipungkiri juga di perkuliahan begitu banyak circle-circle pertemanan seperti kalangan elit, kalangan anak cerdas, kalangan 'Cantik', kalangan anak organisasi dan masih banyak lagi. 

 

Jadi pintar-pintarlah dalam membawakan diri dan jangan sampai terjerumus pada lingkungan pergaulan yang toxic.

 

4. Mempunyai Sistem Belajar Sendiri

 

Sistem  belajar  pada masa SMA tidak sama dengan sistem perkuliahan, seorang mahasiswa harus mencari sumber belajar lain dan tidak hanya dari dosen semata namun harus belajar dari berbagai jurnal dan artikel lainnya. 

 

Mahasiswa-lah yang dituntut belajar mandiri untuk menuntut ilmu.

 

Mahasiswa harus mengerjakan tugas makalah dan mempresentasikan hasil makalah didepan kelas, lalu apabila ada kekurangan dari tugas tersebut dosen  akan memberikan penjelasan untuk dapat dipelajari kembali. Selain itu sering aktif di kelas agar dosen lebih mudah mengingat namamu.

 

5. Mencatat Hal Penting

 

Ketika di dalam kelas, saat dosen menerangkan pelajaran catatlah hal penting yang disampaikan oleh dosen, karena kebanyakan saat ujian, soal yang diberikan adalah pelajaran yang sudah disampaikan langsung oleh dosen di dalam kelas. 

 

Mungkin kamu bisa menyiapkan satu buku khusus untuk mencatat semua penjelasan dosen dari berbagai mata kuliah, dan ketika kamu akan ujian kamu bisa mengulas kembali hal yang telah disampai oleh dosen.

 

Itulah tips yang wajib diketahui oleh mahasiswa baru. 

 

Masa kuliah memang masa yang sangat menggembirakan. Namun kamu juga harus menjadi seseorang yang aktif di kampusmu agar kuliahmu seimbang. Mendapatkan teman juga mendapat ilmu dengan cara yang baik. 

 

Semangat kuliahnya hingga semestes akhir ya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: