Etika dan Cara Bertanya di Dalam Kelas, Kamu Wajib Terapkan

Etika dan Cara Bertanya di Dalam Kelas, Kamu Wajib Terapkan

potrat seseorang yang sedang bertanya di dalam kelas dengan mengangkat tangan.-pexels/@Andrea Piacquadio-

INFORADAR.ID – Guys, keaktifan seseorang di dalam kelas bisa dinilai dengan bagaimana keaktifan kita dalam bertanya juga.

bertanya di dalam kelas bisa kita lakukan ketika kita tidak masih merasa bingung dengan materi pembelajaran yang kita pelajari.

Namun, tidak sedikit orang yang bertanya tanpa memperhatikan jam atau waktu dan keadaan di mana seharusnya dia bertanya.

Mengajukan pertanyaan kepada siapa saja terkhusus di dalam kelas stentunya memiliki beberapa rule yang harus diperhatikan.

Yuk, simak tips dan etika yang harus kita perhatikan ketika kita ingin bertanya:

Jangan Menyela

Nah salah satu cara yang harus sangat kita perhatikan adalah kita harus tahu waktu dalam bertanya dan melihat keadaan serta kondisi guru, dosen atau siapa saja yang ingin kita tanyai terkait materi pembelajaran.

Menyela ketika kita ingin mengajukan pertanyaan itu merupakan salh satu etika yang tidak sopan untuk dilakukan.

Mengajukan pertanyaan dengan cara menyela pembicaraan orang lain memperlihatkan dan mencerminkan kita merupakan orang yang tidak terlihat smart.

Salah sau etka ketika kalian ingin bertanya agar tidak menyela pembicaraan orang lain, kalian bisa mengankat tangan kalian terlebih dahulu.

Mengangkat tangan bisa memperlihatkan bahwa kita ingin bertanya dan akan dipersilahkan pada saat yang menurut si objek sudah tepat.

Gunakan Kata Sapaan

Ini menjadi salah satu pembuka ketika kita aka bertanya dan mengajukan pertanyaan kepada orang lain, baik duru, dosen atau teman kalian.

Menyapa atau hanya menanyakan kabar seseorang tidak ada salahnya, sehingga kamu akan dirasa sangat sopan dengan menggunakan sapaan.

Tidak lupa, setelah menyapa atau menanyakan kabar, kalian dianjurkan untuk memperkenalkan diri kalian terlebih dahulu agar orang yang ditanya bisa mengenali siapa kita.

Dengan memperkenalkan diri, itu bisa menjadi salah satu kode untuk dosen atau guru kita, di mana dia bisa mengisi nilai tambahan untuk kita.

Itulah beberapa tips dan etikayang harus diperhatikan ketika ingin bertanya di dalam kelas, sehingga membuat kita agar terlihat lebih sopan dan professional.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: