Melirik Arti dan Makna Pramuka Bagi Muda/i Pegiat Pramuka

Melirik Arti dan Makna Pramuka Bagi Muda/i Pegiat Pramuka

Potret aktivis pramuka: Alfin Rizqi (kiri), Siti Romiza (tengah), dan Dikca Kartiko Pratama (kanan) Dikca-pict/Alfin, Romiza, Dikca-

INFORADAR.ID – Pramuka menjadi salah satu kegiatan yang banyak digemari oleh berbagai kalangan, terkhusus kalangan muda dan mudi di Indonesia.

Pramuka yang sudah sangat mendunia hingga masuk ke kancah internasional ini angat idukung oleh pemerintah sehingga masing-masing dari negara tersebut memiliki iconiknya tersendiri.

Hari Pramuka Nasional bertepatan pada tanggal 14 Agustus, tepatnya hari di mana diresmikannya gerakan Pramuka oleh presiden Soekarno di Istana Negara pada tahun 1961 silam.

Gerakan Pramuka yang semakin berkembang di Indonesia mampu menghasilkan nilai seni tersendiri yang lebih, sehingga hamper di seluruh tingkatan pendidikan menerapkan dan mengadakan gerakan Pramuka ini yang pada umumnya sebagai salh satu pelajaran mulok atau muatan lokal.

Alfin Rizqi yang merupakan aktivis Pramuka sebagai wakil ketua Unit Kepramukaan UIN SMH Banten memaparkan arti Pramuka bagi dirinya.

"Pramuka bagi saya itu luar banget ya, pengobatannya seperti tunas kelapa yang tumbuh menjadi pohon kelapa, sehingga pemaknaan seorang Pramuka yang memiliki beribu kebermanfaatan sebagaimana pohon kelapa yang berdiri kokoh,” tutur Alfin.

Tidak hanya itu, terdapat alasan utama mengapa banyak sekali kalangan muda yang berperan aktif di dunia Pramuka, sebagaimana yang diungkapkan Siti Romiza alasan dirinya bisa bertahan di dunia kepramukaan sampai saat ini.

"Pramuka itu menyenangkan dan menenangkan, ya. Sampai saat ini masih aktif di Pramuka karena adanya proses pendewasaan aku ya di Pramuka ini,” jelas Siti Romiza yang merupakan seorang Komandan Protokoler Unit Pramuka UIN SMH Banten.

Banyak output yang didapatkan dengan aktifnya di Pramuka, seperti halnya Dikca Kartiko Pratama yang akrab disapa Dikca ini mengungkapkan pengalaman yang didapatnya setelah lama aktif di gerakan Pramuka.

"Dengan Pramuka, saya dapat relasi ke seluruh Indonesia dan saat ini, saya sudah mengikuti kegiatan nasional 2 kali, kegiatan provinsi 5 kali dan kegiatan di lingkup kota yang tidak terhitung lagi,” ungkap Dikca yang kini sebagai anggota aktif di Unit Pramuka UIN SMH Banten.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: