Juhutbelas Agustusan, Tema Peringatan HUT RI ke-78 Ala Warga Juhut Pandeglang

Juhutbelas Agustusan, Tema Peringatan HUT RI ke-78 Ala Warga Juhut Pandeglang

Juhutbelas Agustusan, konsep kreatif dalam merayakan HUT RI ke-78 dari Kampung Juhut Pandeglang.--

INFORADAR.ID - Berbagai kegiatan dalam rangka memperingati HUT RI ke-78 mulai serempak dilakukan di seluruh penjuru negara Indonesia, salah satunya oleh warga Juhut Kecamatan Karangtanjung Kabupaten Pandeglang.

Warga Juhut telah memulai rangkaian acara untuk memeriahkan HUT RI ke-78 dari tanggal 7 Agustus hingga puncak acara pada 17 Agustus 2023.

Tema acara yang dimiliki oleh Panitia Hari Besar Nasional (PHBN) dari RW.01 Kel. Juhut tergolong cukup unik. Mereka memberi tema HUT RI ke-78 dengan nama "Juhutbelas Agustusan".

Juhutbelas Agustusan adalah tema acara yang telah digunakan dalam kurun beberapa tahun pada perayaan HUT RI ke-78 di lingkungan Kelurahan Juhut.

Konsep acara yang menggabungkan berbagai kegiatan perayaan HUT RI pada umumnya dengan sentuhan unsur seni budaya ini selalu semarak dalam pelaksanaannya.

Unsur seni yang terdapat pada perayaan HUT RI di Juhutbelas Agustusan, bisa dinikmati pada bermacam lomba hingga hiburan pada puncak acara, misalnya rampak bedug, ubrug, hingga gendang pencak, dan lainnya.

Perlu diketahui, Juhut merupakan pusat kesenian yang kental akan nilai budaya. Maka tidak heran jika pada tiap-tiap acara selalu mengangkat tema seni dan budaya, bahkan cikal bakal seni rampak bedug berasal dari Juhut lho.

Pada Juhutbelas Agustusan di tiap tahunnya, atau tiap perayaan HUT RI, warga Juhut antusias mengikuti bermacam kegiatan yang disusun sedemikian rupa oleh panitia.

Acara pembukaan Juhutbelas Agustusan pada beberapa hari kemarin, sukses digelar dengan dihadiri ratusan orang di sekitar lingkungan Kelurahan Juhut.

Salah satu panitia menyebutkan acara peringatan HUT RI di Juhut akan makin meriah mendekati puncaknya pada tanggal 17 Agustus 2023 nanti.

Hal tersebut juga di 'iya' kan oleh Ipan Novandi, yang menjadi koordinator acara Juhutbelas Agustusan.

"Konsep 17 Agustusan di Juhut menggabungkan acara hiburan yang penuh sejarah dan seni budaya lokal. Nanti bakal lebih rame saat puncak acara." ungkapnya pada INFORADAR, Kamis 10 Agustus 2023. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: