Kandungan Nutrisi dalam Tahu, Bagus untuk Tubuh

Kandungan Nutrisi dalam Tahu, Bagus untuk Tubuh

Kandungan Nutrisi dalam Tahu, Bagus untuk Tubuh-Ilustrasi: Freepik/edgunn-

INFORADAR.ID - Tahu adalah salah satu makanan favorit orang Indonesia. Banyak ragam olahan yang terbuat dari Tahu.

Selain bagus untuk tibuh, kandungan nutrisi dalam tahu juga lengkap untuk membantu memenuhi nutrisi harian.

Kandungan nutrisi dalam tahu yang paling banyak adalah kandungan proteinnya. Protein bagus untuk pembentukan otot dan fungsi vital tubuh.

Tahu juga salah satu makanan yang rendah lemak jenuh juga kolesterol. Ragan kreasi masakan dari tahu diantaranya adalah sebagai berikut.

Tahu dapat dimasak menjadi olahan tahu goreng yang krispi, tahu kukus dengan udang, sup tahu, semur tahu, dan ragam masakan lainnya.

Kandungan nutrisi dalam tahu

Tahu yang sering kita konsumsi memiliki kandungan nutrisi sebagai berikut:

  • Protein

Tahu merupakan sumber protein nabati yang sangat baik. Protein dalam tahu mengandung semua asam amino esensial yang diperlukan tubuh manusia untuk menjalankan fungsi-fungsi vital. Hal ini membuat tahu menjadi alternatif protein yang baik untuk vegetarian dan vegan.

  • Karbohidrat

Tahu mengandung karbohidrat dalam jumlah tertentu, terutama dalam bentuk serat dan gula alami. Serat membantu pencernaan, menjaga kesehatan usus, dan mengatur penyerapan gula dalam darah.

  • Lemak

Meskipun kandungan lemak dalam tahu lebih rendah dibandingkan dengan produk olahan berbasis daging, tahu tetap mengandung beberapa lemak, terutama lemak tak jenuh. Lemak tak jenuh ini baik untuk kesehatan jantung dan membantu mengatur kadar kolesterol.

  • Kalsium

Tahu adalah sumber kalsium yang baik. Kalsium penting untuk kesehatan tulang dan gigi, serta berperan dalam berbagai proses biologis lainnya dalam tubuh.

  • Fosfor

Fosfor adalah mineral penting yang membantu pembentukan dan pemeliharaan tulang dan gigi yang kuat, serta berperan dalam metabolisme energi.

  • Serat

Kandungan serat dalam tahu berguna untuk kesehatan pencernaan dan membantu pencernaan tubuh tetap lancar.

Selain itu, tahu juga mengandung banyak kandungan air dan kalori di dalamnya yang juga berguna untuk mencukupi nutrisi bagi tubuh.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: hallosehat.com