Rangkaian Peringatan HUT ke-78 RI Dimulai 1 Agustus, Berikut Ini Acaranya

Rangkaian Peringatan HUT ke-78 RI Dimulai 1 Agustus, Berikut Ini Acaranya

Keterangan Pers Bulan Kemerdekaan Tahun 2023, di Jakarta, Senin, 31 Juli 2023. Foto: Humas Setkab/Rahmat -----

INFORADAR.ID --- Rangkaian atau gebyar peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 RI Tahun 2023 mulai dilaksanakan Selasa, 1 Agustus 2023. 

Rangkaian kegiatan Bulan Kemerdekaan diawali dengan menggelar dzikir dan doa kebangsaan yang akan digelar di halaman depan Istana Merdeka, Selasa, 1 Agustus 2023. 

Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara (Sesmensetneg), Setya Utama mengatakan, agenda Bulan Kemerdekaan di Istana akan diawali dengan dzikir dan doa kebangsaan pada tanggal 1 Agustus. 

Diketahui, menyambut HUT ke-78 Kemerdekaan RI, pemerintah akan menggelar serangkaian kegiatan yang akan digelar pada Agustus 2023. Rangkaian kegiatan tersebut mengusung tema “Terus Melaju Untuk Indonesia Maju”.

"Tema ini mengandung makna semangat bangsa Indonesia untuk terus melanjutkan perjuangan pembangunan, berkolaborasi bersama memanfaatkan momentum untuk mewujudkan Indonesia yang maju," kata Setya sebagaimana dilansir dari laman setkab.go.id. 

Rangkaian kegiatan gebyar kemerdekaan, kata Setya, tak hanya berlangsung di Kompleks Istana Kepresidenan saja, akan tetapi juga di sejumlah tempat lainnya.

Setya menambahkan, agenda berikutnya adalah Upacara Penganugerahan Tanda Kehormatan yang akan dilaksanakan pada tanggal 14 Agustus. Kemudian pada tanggal 15 Agustus adalah Upacara Pengukuhan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka). 

Berikutnya pada 16 Agustus adalah rangkaian acara kenegaraan yang setiap tahun dilaksanakan, yaitu Pidato Kenegaraan dan Pidato Penyampaian Rancangan Undang-Undang (RUU) Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) Tahun 2024. 

Seperti biasa, rangkaian acara pada 16 Agustus tersebut bertempat di Gedung MPR/DPR/DPD, Jakarta. 

Selanjutnya pada tanggal 17 Agustus dini hari akan dilaksanakan Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan Kalibata.

Kemudian pada pagi harinya, dilanjutkan dengan acara inti Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan dan Upacara Penurunan Bendera Merah Putih di sore hari.

"Untuk diketahui, Upacara Detik-Detik Proklamasi dan Upacara Penurunan Bendera di Istana akan dilaksanakan sepenuhnya secara luring atau fisik. Jadi ini kembali seperti sebelum pandemi,” kata Setya.

ACARA PENDUKUNG

Sementara itu, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Angela Tanoesoedibjo mengatakan akan ada tiga side events atau acara pendukung yang dirancang untuk membangkitkan semangat kebangsaan dan kebanggaan atas tradisi serta budaya Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: