Mengenal Karakteristik dan Bentuk Feses Serta Penjelasannya

Mengenal Karakteristik dan Bentuk Feses Serta Penjelasannya

Mengenal Karakteristik dan Bentuk Feses Serta Penjelasannya-Ilustrasi: Freepik/macrovector-

INFORADAR.ID - Saat BAB atau buang air besar tentu saja setiap manusia memiliki karakteristik dan bentuk feses yang berbeda tergantung apa yang telah dikonsumsi.

Makanan yang sering dikonsumsi sehari-hari oleh manusia tentu saja sangat mempengaruhi karakteristik dan bentuk feses yang dikeluarkan.

Proses mengeluarkan feses sangat penting bagi keberlangsungan kkesehatan pencernaan. Ada yang BAB satu kali sehari ada juga yang sampai 3 kali.

INFORADAR.ID akan memberikan tambahan pengetahuan mengenai karakteristik dan bentuk feses yang umumnya terjadi pada manusia.

Feses dikeluarkan saat BAB, pengertian BAb adalah proses pembuangan sisa makanan yang tidak tercerna oleh tubuh yang kemudian dikeluarkan melalui rektum atau anus.

Karakteristik Feses

  • Normal: BAB yang terjadi secara teratur, konsisten dalam tekstur, dan mudah dikeluarkan tanpa rasa sakit atau ketidaknyamanan yang berarti.
  • Diare: BAB yang berbentuk cair dan seringkali disertai dengan frekuensi yang lebih tinggi dari biasanya. Diare bisa disebabkan oleh infeksi, makanan yang tidak sehat, atau gangguan pada sistem pencernaan.
  • Keras (konstipasi): BAB yang berbentuk keras dan kering, sulit dikeluarkan, dan mungkin menyebabkan rasa sakit atau ketidaknyamanan saat buang air besar.
  • Berdarah: BAB yang mengandung darah segar atau telah menghitam karena adanya masalah pada saluran pencernaan, seperti perdarahan pada usus atau rektum.
  • Berwarna pucat: BAB dengan warna yang lebih terang dari biasanya bisa menjadi tanda masalah pada hati atau saluran empedu.
  • Berlemak: BAB yang memiliki tingkat lemak yang tinggi dan tampak berminyak, yang bisa menunjukkan masalah pada pencernaan atau penyerapan lemak.
  • Berbusa: BAB yang memiliki banyak busa, yang bisa disebabkan oleh beberapa kondisi seperti intoleransi laktosa atau gangguan pencernaan lainnya.

Bentuk Feses

  1. Bulatan terpisah keras: menandakan bahwa Anda sedang sembelit.
  2. Sosis padat agak keras: sama seperti bentuk bulat terpisah, bentuk sosis padat yang agak keras juga menandakan sembelit.
  3. Seperti sosis namun ada retakan di permukaan menandakan bentuk feses yang normal dan kondisi tubuh Anda sehat.
  4. Feses seperti sosis tekstur lembut. Bentuk ini juga cenderung seperti mengular, menandakan pencernaan anda sehat.
  5. Feses seperti menggumpal dengan tekstur lunak namun tepinya jernih. Mmenandakan kurang konsumsi serat.
  6. Lembek dan tidak beraturan, menandakan Anda mengalami diare ringan.

Feses cair menandakan bahwa Anda sedang diare berat. Bahkan ketika dalam kondisi ini terkadangan hanya cairan keruh saja yang keluar dari anus.

Itulah beberapa karakteristik dan bentuk feses yang dapat menggambarkan kondisi kesehatan tubuh.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: halodoc.com