Cara Jitu Menolak Teman yang Akan Meminjam Uang

Cara Jitu Menolak Teman yang Akan Meminjam Uang

Cara Jitu Menolak Teman yang Akan Meminjam Uang-Ilustrasi: Freepik/benzoix-

INFORADAR.ID - Kebutuhan setiap orang memang berbeda-beda, namun jika ada teman yang akan meminjam uang secara terus menerus bukankan tidak nyaman?

Nah, untuk mengatasinya INFORADAR.ID akan memberikan cara jitu menolak teman yang hendak meminjam uang.

Cara jitu ini juga bisa kamu gunakan ketika kamu memang betul-betul tidak bisa membantu teman yang akan meminjam uang.

Jangan ragu untuk menolak teman yang akan meminjam uang jika ia adalah tipe orang yang sering tidak tepat waktu saat membayar utangmu.

Yuk langsung saja disimak cara jitu menolak teman yang akan meminjam uang.

  • Berikan bantuan semampu kamu tanpa dihitung sebagai utang

Cara ini adalah cara yang paling sopan untuk menolak teman kamu yang hendak meminjam uang. Cara ini juga bisa kamu lakukan kepada orang yang 'galak' saat ditagih utangnya. Ini juga akan bernilai pahala dan dikategorikan sebagai sedekah jika kamu ikhlas.

  • Pertimbangkan dampak jangka panjang

Saat mempertimbangkan untuk memberi pinjaman uang kepada seseorang, pertimbangkan konsekuensi jangka panjangnya, baik bagi hubungan pertemanan kamu maupun bagi keuanganmu sendiri.

  • Jujur tentang kondisi keuangan

Jika kamu tidak mampu atau tidak nyaman untuk meminjamkan uang kepada temanmu, lebih baik katakan dengan jujur kepada orang yang meminta. Sampaikan bahwa kamu saat ini sedang menghadapi keterbatasan keuangan sendiri.

Jangan berjanji akan meminjamkan uang nanti

Ini bisa menjadi bumerang bagi kamu. Seseorang yang meminjam uang kebanyakan memeiliki tujuan mendesak. Jika kamu berjanji akan meminjamkan uang di lain kesempatan karena tidak enak untuk menolak, kedepannya pasti kamu terus berbohong.

  • Bantu bukan dalam bentuk uang

Pertimbangkan untuk memberikan bantuan lain yang tidak melibatkan uang tunai. Misalnya kamu dapat membantu dengan memberikan nasihat, mengarahkan mereka ke sumber bantuan lain, atau menawarkan bantuan dalam bentuk lain yang Anda mampu.

Itulah beberapa cara jitu untuk menolak teman yang akan meminjam uang. Semoga bermanfaat!(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: glints.com