Perhatikan Hal Kecil yang Berpengaruh Besar Dalam Hidup

Perhatikan Hal Kecil yang Berpengaruh Besar Dalam Hidup

ilustrasi : ucapan maaf adalah hal kecil yang sering dilupakan oleh beberapa orang-pixabay/mohamed_hassan-

INFORADAR.ID – Ada banyak hal yang mungkin sering kita anggap kecil tetapi sebenarnya berpengaruh besar dalam hidup.  Padahal jika kita menerapkan hal-hal kecil itu dengan baik, maka hidup kita akan berubah drastis.

Banyak hal kecil yang sering kita lakukan dengan sadar. Tetapi yang sering dilupakan adalah apakah hal itu akan berpengaruh besar dalam hidup kita atau tidak.

Hal-hal kecil sebenarnya sering kali diingatkan oleh orangtua atau orang-orang disekitar kita, tetapi kita sering menganggap sepele hal itu. Padahal dengan melakukan hal-hal kecil itu, mungkin itu akan berpengaruh besar untuk masa depan.

Lalu Apa saja hal-hal kecil yang dapat berpengaruh besar dalam hidup kita? Simak yukk

1. maaf, tolong dan terima kasih

Biasakanlah untuk mengatakan 3 kata ajaib ini. maaf ketika kamu salah, tolong ketika kamu butuh bantuan seseorang, dan jangan lupakan terima kasih kepada orang yang telah membantu kamu.

2. tepat waktu saat janjian 

Banyak banget yang mungkin menganggap sepele dan mengira gapapa lah telat, toh sama temen deket juga janjiannya. Padahal itu kebiasaan buruk loh, biasain deh tepat waktu maka nanti temen kamu juga akan mengikuti kok.

3. mendengar bukan menjawab 

Banyak sekali orang yang mendengarkan dengan tujuan untuk menjawab, padahal terkadang orang bercerita hanya karena ingin didengar bukan untuk dijawab apalagi dicela. jadi belajarlah jadi pendengar yang baik dan tidak usah menjawab jika tidak diminta atau dibutuhkan.

4. berkata yang baik atau diam 

Jika kamu tidak bisa berkata hal baik kepada orang lain maka lebih baik diam saja, simpan kekesalanmu agar tidak menyakiti hati orang lain. meskipun kamu marah atau ga suka sama sesorang, tenang aja, diam bukan berarti kalah karena tenang itu menang. 

Setelah baca ini, yuk mulai terapkan dalam hidup kita, karena kita tidak akan pernah tahu bahwa hal-hal keci itu yang sebenarnya berpengaruh besar dalam hidup kita.(*)

Konitatu Rahmah, Mahasiswa PPL UIN SMH Banten 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: