3 Tips Menabung Ala Mahasiswa

3 Tips Menabung Ala Mahasiswa

ilustrasi menabung -gambar pixabay/stux-

INFORADAR.ID – Menjadi mahasiswa apalagi merantau, itu tidak mudah loh. Jauh dari keluarga menjadi resiko utamanya. Sebagai mahasiswa, tentunya identic dengan pengeluaran yang yang tinggi namun pemasukannya terbatas.

Manajemen kuangan bukan hanya untuk orang-orang yanh telah memperoleh penghasilan saja. Menajemen keuangan juga penting bagi mahasiswa, khususnya mahasiswa rantau.

Tidak jarang para mahasiswa mengalami kesulitan untuk menabung dan mengatur keuangannya. Tetapi itu bisa saja dilakukan, yang terpenting untuk mulai menabung adalah niat dan konsisten.

Tetapi, jika kamu masih belum bisa mengatur keuangan, hingga kesulitan menabung, kamu bisa ikutin 3 tips ini ya 

1. Buat rencana keuangan 

Utnuk menabung secara efektif, penting untuk membuat rencana keuangan yang baik terlebih dahulu. Rencana keuangan ini harus mencakup tujuan keuangan jangka pendek dan jangka panjang. 

Penting banget bedain mana kebutuhan dan mana keinginan, supaya kita bisa lebih bijak dalam menggunakan uang. 

2. Kurangi beli makanan dari luar 

Tanpa kita sadari, nongkrong di cafe atau makan di luar itu bisa jadi pengeluaran terbesar kita. Bayangkan saja ketika kita makan diluar atau di cafe, pengeluaran kita bisa Rp.50.000 – Rp.100.000 dalam sekali makan. 

Yang seharusnya uang segitu bisa dijadikan untuk beberapa kali makan, karena makan kamu makan diluar, kamu hanya bisa sekali makan saja.

3. Mulai menabung dan berinvestasi 

Kamu bisa pakai aplikasi BIBIT untuk menabung. Diaplikasi ini kamu bisa membedakan tujuan nabung kalian, misalnya tabungan menikah, tabungan tiket konser, dan lain-lain.  

Selain itu, kalian bisa mendapatkan keuntungan dari tabungan itu. Lumayan banget kan, nabung tapi dapet untungnya juga.

Nah itulah tips menabung ala mahasiswa, jadi udag gak ada lagi deh yang namanya tanggal tua, karena semuanya sudah tersusun dalam perencanaan keuangan bulanan kita.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: