Orang Banten Dikenal Sakti Mandraguna, Kesenian Khas Banten Ini Penyebabnya

Orang Banten Dikenal Sakti Mandraguna, Kesenian Khas Banten Ini Penyebabnya

Ilustrasi penyebab orang Banten dikenal sebagai sosok yang sakti mandraguna.-@explore_serang-instagram.com

INFORADAR.ID - Masyarakat Banten dikenal sebagai sosok yang religius dan ramah. Selain itu juga sejak dahulu, pun dikenal sebagai sosok yang sakti mandraguna berkat kesenian khas Banten satu ini lho.

Kesenian khas Banten yang dimaksud bisa membuat Anda kebal terhadap berbagai senjata tajam, dan kerap ditampilkan pada acara tertentu.

Tentu saja Anda sudah bisa menebak kesenian khas Banten ini bukan?

Betul, Debus merupakan kesenian khas Banten yang menampilkan atraksi kekebalan tubuh dari berbagai senjata tajam.

BACA JUGA:Inilah Wilayah dengan UMR Paling Tinggi di Banten, Gak Perlu Ajuin Pinjol Nih

Debus merupakan perpaduan seni tari, suara, hingga kebatinan yang memiliki nuansa magis.

Awal kemunculan kesenian khas Banten ini berfungsi sebagai media penyebaran agama Islam. Kemudian debus perlahan berkembang menjadi sarana pemompa semangat rakyat Banten dalam mengahadapi penjajahan Belanda pada masa pemerintahan Sultan Ageng Tirtayasa.

Dilansir dari laman kemendikbud, seni debus muncul kembali sejak tahun 1960-an hingga saat ini. Debus sekarang mengacu pada seni mengekspresikan kekuatan tubuh terhadap pukulan senjata, benda tajam atau keras.

Atraksi debus sering kali melibatkan pemain yang memakan api, berjalan di atas bara api, menusuk perut dengan parang, atau menusukkan jarum ke lidah mereka.

Teknik debus tetap dipertahankan oleh perguruan-perguruan dan sanggar-sanggar silat, namun tidak semua sanggar silat mengajarkan kesenian debus.

Debus dan silat tidak dapat dipisahkan. Silat adalah pendahulu debus dan salah satu tahapan khusus dari seni debus. Biasanya pemain debus adalah pesilat, tetapi tidak semua pesilat adalah pemain debus.

Kesenian debus hanya dipertunjukkan pada acara-acara besar, seperti acara adat, pernikahan, acara khitanan, perayaan hari besar keagamaan, Hari Kemerdekaan dan pertunjukan yang dikunjungi wisatawan.

Hingga kini kesenian khas Banten, debus, telah dikenal luas masyarakat Indonesia sebagai ikon dari masyarakat Banten. Maka tak heran kadang orang Banten dicap sebagai sosok yang sakti.

Sebagai sebuah seni budaya, debus memiliki potensi untuk mengembangkan industri pariwisata Banten baik secara nasional maupun internasional. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: kebudayaan.kemendikbud.go.id