Tips Menjalani Hubungan LDR Agar Bertahan dan Langgeng

Tips Menjalani Hubungan LDR Agar Bertahan dan Langgeng

INFORADAR.ID – Guys, di antara kalian ada enggak sih yang sedang menjalani hubungan jarak jauh atau LDR (Long Distance Relationship).

Banyak dari kita yang menjalani hubungan LDR karena bverbagai alasan antara satu dan lain halnya, namun kandas di tengah jalan.

Tidak sedikit yang menginginkan hubungan LDR ini terjalin, karena dinilainya resiko yang terlalu tinggi antara keduanya.

Namun banyak juga orang yang menjalani hubungan LDR ini dengan pasangannya dan masih tetap dalam keadaan baik-baik saja tanpa adanya masalah.

Yuk, simak tips menjalani hubungan jarak jauh atau LDR ini agar tetap bertahan lama dan bahkan sampai langgeng di fase kehidupan selanjutanya:

1. Komunikasi dengan baik dan teratur

Komunikasi menjadi salah satu jalan utama yang harus selalu dilakukan. Hal ini memiliki fungsi utama dan pital dalam sebuah hubungan yang dijalin, sehingga bisa mengetahui keadaan satu sam lain walau terhalau jarak yang jauh.

Komunikasi yang rutin dapat menjaga rasa nyaman yang secara rutin dilakukan melalui smartphone yang bisa menemani dari jarak yang jauh.

2. Jujur dan terbuka

Jujur dalam situasi apapun. Jangan sampai menutupi sesuatu yang perlu diketahui bersama agar tidak menimbulkan kesalahfahaman. Jika kamu tidak jujur, hal itu justru akan menjadi boomerang untuk hubungan yang dijalani.

Cobalah untuk terbuka dengan psanganmu. Terbuka dalam artian kamu mengatakan apa yang sebenarnya kamu inginkan, jangan menutup diri agar bisa saling memahami satu sama lain.

3. Menejadikannya prioritas

Ketika kamu memiliki waktu luang, berusahalah untuk berkomunikasi dengan pasanganmu. Hal itu menandakan bahwa kamu benar-benar tulus terhadapnya.

Hal itu juga sebagai tanda bahwa kamu memprioritaskan dia di waktu luangmu dan menyisihkan waktumu hanya untuknya dan tetap menjalin komunikasi dengan baik.

4. Menjaga kepercayaan pasangan

Saling menaruh kepercayaan antar sesam pasangan menjadi kunci utama yang harus kamu lakukan. Tidak hanya menaruh kepercayaan saja, kamu juga harus menjaga kepercayaan yang telah pasanganmu berikan.

Dengan saling percaya dan menjaga kepercayaannya, hubungan kamu akan tetap terjaga dengan baik walau hubungan yang kamu jalani berupa LDR.

5. Tidak silent treatment dan mendiskusikan setiap masalah

Apabila kamu memiliki masalah atau berbuat salah, komunikasihkan hal itu agar mencari solusi bersama.

Jangan hanya berdiam diri saja, berbicaralah apa adanya dan diskusikan permasalahan yang tengah dihadapi agar hubungan tidak terkecoh.

6. Jangan menuntut pasangan 

Kita harus memahami, bahwa kondisi yang dijalani dalam hubungan kita adalah LDR. Jadi, jagan bersikap egois terhadap pasanganmu dengan menuntut apapun dan harus dilakukan oleh pasanganmu.

7. Saling mengingatkan dan memaafkan pasangan 

Ketika kamu atau pasanganmu memiliki dalah, bicarakan hal itu dan harus berani berkata maaf. Selain itu juga, ingatkan pasanganmu atas kesalahan yang dilakukan agar tidak ada seorangpun yang tersakiti di antara keduanya.

Memaafkan seseorang memang menjadi salah satu hal yang sulit. Meskipun kamu berulang kali tersakiti oleh pasanganmu dan jika kamu masih ingin tetap bertahan dengang pasanganmu, tidak ada salahnya untuk memaafkan, bukan?

Itulah beberapa kunci atau tips agar kamu, yang menjalani hubungan jarak jauh atau LDR dengan pasanganmu supaya tetap bertahan dan langgeng sampai ke jenjang pernikahan.

Walaupun hubungan LDR sulit untuk di jalani, namun kita harus tetap bertahan dan setia untuk orang yang kita sayangi.(*)

Siti Nursyhaidah Syabani, Mahasiswa PPL UIN SMH Banten.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: