Hindari 3 Pola Pikir ini, Karena Akan Membuat Pikiran Tidak Tenang

Hindari 3 Pola Pikir ini, Karena Akan Membuat Pikiran Tidak Tenang

potret seseorang yang sedang stress--sumber & design freepik.com

INFORADAR.ID – Setiap orang tentu pernah mengalami stress karena berbagai alasan. Pola pikir kita dalam merespon dan mengatasi masalah ternyata juga sangat mempengaruhi tingkat stres.

Jika kamu sering merasa stres, mungkin saja kamu memiliki pola pikir yang menjadi penyebab stres tersebut. 

Tim peneliti gabungan di Amerika Serikat telah membuktikan stres dapat diatasi secara efektif dengan mengubah pola pikir kita tentang stres itu sendiri.

Inilah 3 pola pikir yang bisa membuat stress dan cara mengatasinya: 

1. All or not thinking

Melalui situasi secara hitamputih. Selalu antara hal buruk dan hal baik saja, berhasil atau gagal total, disukai atau dibenci. Padahal hidup kadang abu-abu, karena tidak semuanya pasti. Nilai jelek belum tentu karena bodoh.

Untuk mentasi pola pikir ini, kamu bisalakukan dengan belajar melihat berbagai kesempatan, jangan hanya fokus pada satu hal saja.

BACA JUGA:Kiat-kiat Mengubah Pemikiran Menjadi Growth Mindset, Pola Pikir yang Diterapkan Orang Sukses

2. Catastrophizing 

Memprediksi situasi akan semakin buruk padahal belum tentu terjadi. Contohnya “kalo nilai aku jelek, nanti IPK juga anjlok, terus susah dapet kerjaan”

Untuk mengatasi pikiran ini, kamu bisa atasi dengan menjalani present atau masa kini, yang belum terjadi biarin aja, yang penting usahakan yang terbaik untuk saat ini.

3. Overgeneralizing 

Menyamaratakan semua hal hanya karena pernah mengalami hal yang buruk sebelumnya. Padahal jika kita fokus untuk saat ini dan mencoba untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama, tentu saja hal tersebut tidak akan terjadi. 

Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa kamu perlu belajar, jangan sama ratakan semua hal, coba perhatikan sekitar,banyak hal di dunia ini yang beraneka ragam kok.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: