Waspada, Kenali Gejala dan Pencegahan Penyakit Antraks di Sekitarmu

Waspada, Kenali Gejala dan Pencegahan Penyakit Antraks di Sekitarmu

Potret ilmuan yang sedang memeriksa hewan ternak.-Freepik/aleksandralittlewolf-

INFORADAR.ID, - Penyakit antraks menjadi penyakit yang perlu diwaspadai tingkat tinggi, lantaran penyakit ini akan membahayakan kesehatan hingga dapat mengancam nyawa.

Antraks merupakan penyakit ternak yang bersumber dari Binatang atau zoonosis yang disebabkan oleh bakteri Bacillus anstracis.

Penyakit antraks ini merupakan penyakit yang dapat menular dari hewan ke manusia atau sebaliknya, namun tidak dapat ditularkan antara sesama manusia.

Antraks ini umumnya menyerang hewan herbivora atau hewan pemakan tumbuhan. Tidak sedikit peternak yang belum mengetahui apa dan bagaimana penyakit antraks ini terjadi.

BACA JUGA:Musim Hujan Jangan Mager Olahraga, Atau Siap-siap Kena Penyakit Ini

Yuk, kenali gejala pada bagian tubuh yang diserang antraks pada manusia, antara lain:

1. Kulit

Gejala penyakit antraks dapat dikenali melalui kulit yang akan terasa panas atau demam, selain itu juga akan muncul ruam dan terjadi pembengkakan pada kulit.

Terdapat juga benjolan kemerahan pada kulit yang diertai rasa perih dan gatal serta di bagian tengah akan terlihat berwarna kehitaman.

2. Pernafasan

Gejala yang dialami pula akan terasa pada area pernafasan sehingga mengakibatkan kesulitan bernafas, sesak pada bagian dada, serta terdapat rasa sakit atau radang pada tenggorokan.

3. Pencernaan

Pencernaan yang tidak luput menjadi salah satu gejala yang akan dirasakan jika terkena penyakit antraks ini terasa mual, muntah dan diare yang juga disertai dengan darah.

BACA JUGA:Bahaya, Ini Penyakit yang Intai Kamu yang Punya Perut Buncit

Adapun pencegahan yang mesti dilakukan oleh masyarakat luas agar terhindar dari penyakit antraks ini, seperti:

1. Membeli dan mengonsumsi daging yang disembelih di Rumah Potong Hewan (RPH) agar terjamin kualitasnya.

2. Mengonsumsi daging hewan yang sehat dan dimasak hingga matang sempurna. hal ini tentunya sangat penting dilakukan, sehingga akan terjamin mutu pada daging.

3. Selalu perhatikan untuk mencuci tangan dengan sabun terlebih setelah mengolah atau memasak makananan yang berbahankan dari hewan.

4. Tidak diperkenankan untuk menyembelih dan mengonsumsi daging yang berasal dari hewan yang sakit.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan bagi kita untuk terhindar dari penyakit antraks yang tengah marak terjadi, sehingga kita bisa mengantisipasi diri kita dari penyakit itu.(*)

BACA JUGA:Waspada Penyakit, Obat Ini Wajib Ada di Rumah Kamu Saat Musim Hujan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: