Kader Posyandu di Kota Serang Minta Pemkot Serang Lengkapi Fasilitas Posyandu

Kader Posyandu di Kota Serang Minta Pemkot Serang Lengkapi Fasilitas Posyandu

Walikota Serang Syafrudin bersama Forum Kader Posyandu Kota Serang usai audiensi.-Foto : Nahrul Muhilmi -

SERANG, INFORADAR.ID - Forum Kader Posyandu Kota Serang minta kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Serang agar melengkapi fasilitas di posyandu.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Forum Kader Posyandu Kota Serang, Emi Sumiati saat melakukan audiensi dengan Walikota Serang, Syafrudin, Selasa 4 Juli 2023.

Emi mengatakan, Forum Kader Posyandu sudah terbentuk cukup lama berdasarkan Keputusan Walikota Serang nomor 400/Kep.48-Huk/2021 tentang Pembentukan Kelompok Kerja Operasional Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) Kota Serang.

Saat ini terdapat  3.305 kader posyandu di Kota Serang yang tersebar di 658 posyandu.

Emi merinci, di Kecamatan Cipocok Jaya memiliki 532 kader dari 106 posyandu, Kecamatan Curug 235 kader dari 47 posyandu, Kecamatan Serang 101 kader dari 200 posyandu, Kecamatan Taktakan 503 kader dari 98 posyandu, Kecamatan Walantaka 540 kader dari 108 posyandu, dan Kecamatan Kasemen 494 kader dari 99 posyandu.

Emi menuturkan, pihaknya telah menyampaikan terkait keinginan dari seluruh kader posyandu agar sarana prasarana penunjang bisa lebih ditingkatkan kembali.

“Kami berharap ada beberapa sarana penunjang untuk Pemeriksaan ibu hamil, pengukur alat antropometri, timbangan serta penunjang lainnya," kata Emi.

Walikota Serang Syafrudin bakal penuhi permintaan Forum Kader Posyandu Kota Serang mengenai fasilitas penunjang posyandu.

"Itu semua akan kita tampung dan diajukan di (anggaran, red) perubahan nanti. Mudah-mudahan, di tahun 2024, bisa terealisasi dan semua bisa memiliki seragam baru," ujar Syafrudin, Selasa 4 Juli 2023.

Ia mengatakan, selain sarana prasarana, honor kader posyandu juga akan dinaikkan pada tahun 2024.

"Adapun terkait kenaikan honor alhamdulillah, setiap tahunnya mengalami kenaikan meskipun bertahap. Dan nanti di tahun 2024 akan dicanangkan kembali untuk naik lagi sebesar Rp50 ribu," katanya.

Syafrudin berharap sinergi antara Pemerintah Kota Serang dengan para kader posyandu bisa menuntaskan permasalahan  kesehatan di Kota Serang, baik stunting  maupun lainnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: