Jokowi: Polri Jangan Tajam ke Bawah, tapi Tumpul ke Atas

Jokowi: Polri Jangan Tajam ke Bawah, tapi Tumpul ke Atas

Presiden Jokowi minta Polri jangan hanya tajam ke bawah, tapi tumpul ke atas. Presiden bersama Ibu Iriana dan Kapolri saat berada di SUGBK, Sabtu, 1 Juli 2023. Foto: BPMI/Setkab -----

INFORADAR.ID ---- Ini pesan menarik dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada jajaran kepolisian. Yaitu agar menggunakan kekuatan besar yang dimiliki secara benar. Kata Jokowi, jangan hanya tajam ke bawah, tapi tumpul ke atas.

Kata Jokowi bahwa kewenangan Polri itu besar, kekuatan Polri itu besar, maka harus digunakan secara benar. 

"Jangan ada lagi persepsi kepada Polri hanya tajam ke bawah, tapi tumpul ke atas," kata Jokowi dalam Upacara Peringatan ke-77 Hari Bhayangjara Tahun 2023, di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Sabtu, 1 Juli 2023.

Presiden Jokowi mengatakan bahwa masyarakat membutuhkan rasa aman, rasa keadilan, serta rasa diayomi yang diberikan oleh Polri. Oleh sebab itu, Jokowi, meminta Polri untuk tidak mengabaikan kebutuhan masyarakat tersebut.

"Saya minta jajaran Polri jangan abaikan ini. Pilri sekarang harus mampu memberikan kepastian perlindungan. Polri juga harus mampu memberikan kepastian hukum. Dan, Polri juga harus mampu memberikan kepastian berusaha bagi para masyarakat dan para pengusaha,” harapnya sebagaimana dikutip dari laman setkab.go.id.

Jokowi menambahkan, di tengah-tengah tantangan ke depan yang semakin berat dan tidak ringan, ia mengingatkan Polri untuk memiliki kesigapan dan kecepatan, penguasaan teknologi dan inovasi, serta komunikasi publik yang baik.

"Utamanya program prioritas nasional dan pembangunan Ibu Kota Nusantara harus dikawal secara serius, kualitas layanan harus ditingkatkan, kejahatan dengan teknologi canggih harus diantisipasi,” ucapnya. 

Selain itu, Jokowi juga meminta seluruh jajaran Polri untuk menjaga semangat persatuan dan kesinergisan.

"Institusi Polri itu ibarat sapu lidi, masing-masing lidi harus bersih, masing-masing lidi harus lurus, masing-masing lidi harus kuat, yang harus diikat dengan semangat kesatuan dan sinergitas. Jadi, tidak boleh ada lagi blok-blokan di dalam tubuh Polri, tidak boleh ada lagi patron-patronan,” ucapnya.

Kemudian terkait dengan sumber daya manusia (SDM), Jokowi meminta Polri untuk menjaga kualitas sejak dari rekrutmen, memperbaiki sistem promosi, memperketat sistem pengawasan, serta memperkuat sistem pendisiplinan.

"Saya pesan, jadilah Bhayangkara sejati yang mengabdi tanpa henti kepada masyarakat, bangsa, dan negara untuk kemajuan Indonesia,” pungkasnya.

 

Editor: M Widodo

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: