Ini Dia Lima Penyebab Bensin Boros Pada Sepeda Motor

Ini Dia Lima Penyebab Bensin Boros Pada Sepeda Motor

Ilustrasi tentang penyebab bensin boros pada sepeda motor.-lifeforstock-freepik.com

INFORADAR.ID - Ada beberapa penyebab boros bensin pada sepeda motor yang perlu diketahui agar masalah tersebut cepat diatasi.

Penyebab bensin boros pada sepeda motor bisa berasal dari beberapa bagian yang perlu penanganan secara khusus supaya tidak memakan banyak pengeluaran.

Apa saja penyebab bensin boros pada sepeda motor?

Tentunya bagi yang awam, lima penyebab bensin boros pada sepeda motor dari laman astrahonda ini akan menjawab rasa penasaran problema tersebut.

BACA JUGA: Biar Motor Lebih Ngacir, Begini Cara Servis CVT Motor Matic

Memiliki sepeda motor yang hemat bahan bakar namun tetap berperforma tinggi adalah keinginan setiap pengendara. Hal ini tentu akan membuat kehidupan sehari-hari dengan sepeda motor menjadi lebih menyenangkan. 

Namun, motor yang hemat bahan bakar pun bisa saja terasa boros dan mengurangi kenikmatan berkendara motor hingga setengahnya.

Ada beberapa penyebab mengapa konsumsi bahan bakar motor bisa terasa boros:  

1. Filter udara yang kotor: Filter udara yang kotor adalah salah satu penyebab utama rendahnya efisiensi bahan bakar. Oli, debu, dan kontaminan lain pada filter menghalangi aliran udara ke ruang bakar, sehingga menghasilkan campuran udara/bahan bakar yang kurang ideal.

2. Tekanan angin pada ban kurang: Tekanan angin yang rendah menyebabkan permukaan ban yang bersentuhan dengan aspal menjadi lebih luas. Akibatnya, laju sepeda motor menjadi terhambat dan sepeda motor terasa lebih berat. Ban yang kurang angin menyebabkan mesin bekerja lebih keras dan konsumsi bahan bakar meningkat. 

3. Busi yang lemah: Salah satu tanda busi sudah tidak layak pakai adalah percikan api yang lemah, yang berarti proses pembakaran tidak mencapai hasil yang optimal. Akibatnya, tenaga yang dihasilkan terasa lebih lemah dan tenaga motor berkurang.

4. Rantai sepeda motor kendur, belt CVT aus atau retak: Rantai motor yang kendur atau belt CVT yang melar dapat menyebabkan tarikan roda menjadi lebih berat, sehingga konsumsi bensin menjadi boros. 

5. Perilaku mengemudi yang buruk: Gaya atau perilaku berkendara yang buruk juga dapat memboroskan bensin. Gaya berkendara yang melibatkan akselerasi terlalu cepat dan mendorong sepeda motor dengan keras dapat meningkatkan konsumsi bahan bakar secara signifikan. 

Penting untuk diingat, lakukan perawatan dan pemeriksaaan secara berkala pada seluruh komponen sepeda motor agar tetap optimal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: astra-honda.com