Idul Adha 1444 H, Presiden Jokowi Sebar Kurban Sapi ke 38 Provinsi

Idul Adha 1444 H, Presiden Jokowi Sebar Kurban Sapi ke 38 Provinsi

Heru Budi Hartono saat memberikan keterangan pers terkait Presiden Jokowi yang berkurban ke 38 provinsi. Foto: BPMI/Setpres--

INFORADAR.ID --- Seperti tahun-tahun sebelumnya, pada Hari Raya Idul Adha tahun 1444 H/2023 ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali berkurban sapi. Jumlahnya sesuai dengan provinsi di Indonesia, yaitu 38 ekor sapi. 

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan bahwa Presiden Jokowi memberikan per provinsi itu sesuai dengan usulan dari Pemerintahan Provinsi masing-masing. 

"Jadi pemberian sapi kurban ke setiap provinsi itu usulan dari para gubernur, agar sapi itu didistribusikan," kata Heru Budi, di Istana Negara, Jumat, 23 Juni 2023.

Heru Budi Hartono yang juga Penjabat Gubernur DKI ini menjelaskan terjait proses pendistribusian sapi ke seluruh Indonesia. "Proses distribusinya, Sekretariat Presiden akan bekerja sama dengan Kementerian Agama dan Kementerian Pertanian," kata Heru sebagaimana dilansir dari laman PMJ News. 

Lebih spesifik Heru menjelaskan bahwa sebelum sapi-sapi tersebut dikirim, akan dilakukan pemeriksaan kesehatan dan sapi-sapi tersebut harus bebas dari penyakit mulut dan kuku. Hal itu untuk memastikan bahwa sapi yang dikirim dalam kualitas sehat dan baik.

Heru menjelaskan, sapi kurban dari Presiden Jokowi bobotnya di kisaran 900 kilogram hingga 1,2 ton. 

Adapun jenis sapi kurban dari Jokowi tersebut terdiri dari beragam jenis. Mulai dari jenis semental, limosin, angus, brahman, peranakan ongole dari sapi Bali.

Terkait teknisnya, kata Heru, Setpres sudah melakukan rapat via zoom yang dipimpin oleh Deputi. Intinya, Setpres menyampaikan semua proses garus berjalan dengan baik dan tentunya dinas-dinas terkait di tiap provinsi membantu juga untuk dapat menjaga kesehatan sapi hingga hari H pemotongan. 

 

Editor: M Widodo

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: