Jenis Olahraga yang Cocok untuk Lansia

Jenis Olahraga yang Cocok untuk Lansia

Ilustrasi jenis olahraga yang cocok untuk lansia-dominic_winkel-pixabay.com

INFORADAR.ID - Ada beberapa jenis olahraga yang cocok untuk lansia. Yang bisa dilakukan dengan rutin setiap harinya.

Beberapa jenis olahraga yang cocok untuk lansia yang akan diuraikan dibawah ini merupakan termasuk jenis olahraga ringan.

Apa saja jenis olahraga yang cocok untuk lansia tersebut?

INFORADAR.ID telah menyusun beberapa jenis olahraga yang cocok untuk lansia dan direkomendasikan untuk rutin melakukannya agar berdampak positif bagi kesehatan.

Olahraga sangat penting untuk kesehatan dan kesejahteraan lansia. Namun, karena perubahan fisik yang terjadi seiring bertambahnya usia, beberapa olahraga mungkin tidak lagi cocok atau aman bagi mereka.

Berikut adalah beberapa jenis olahraga yang umumnya cocok untuk lansia:

Jalan kaki: Jalan kaki adalah olahraga ringan yang dapat dilakukan oleh hampir semua orang. Olahraga ini meningkatkan kekuatan dan keseimbangan otot serta membantu menjaga kesehatan jantung dan tulang.

Peregangan dan kelenturan: Peregangan membantu menjaga kelenturan dan kekuatan otot. Lansia dapat mengambil manfaat dari yoga, tai chi atau Pilates untuk meningkatkan fleksibilitas, koordinasi dan keseimbangan.

Bersepeda: Bersepeda adalah bentuk olahraga ringan yang meminimalkan stres pada sendi. Jika bersepeda di luar ruangan tidak memungkinkan, sepeda statis atau sepeda listrik tersedia untuk digunakan di dalam ruangan.

Berenang: Berenang adalah olahraga ringan yang meningkatkan kebugaran kardiorespirasi dan melatih banyak otot. Olahraga ini juga mengurangi ketegangan pada persendian karena tubuh ditopang di dalam air.

Latihan kekuatan ringan: latihan kekuatan membantu menjaga massa otot, kekuatan tulang dan daya tahan tubuh. Lansia dapat menggunakan beban ringan seperti resistance band untuk memperkuat otot-otot utama seperti kaki, lengan, dan batang tubuh.

Namun, sangat penting bagi lansia untuk berkonsultasi dengan dokter atau profesional kesehatan sebelum memulai program olahraga baru.

Mereka dapat memberikan saran yang disesuaikan dengan kondisi fisik dan kesehatan individu untuk memastikan keamanan dan manfaat maksimal dari olahraga tersebut. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: