Cuaca Adem dan Pemandangan Gunung yang Indah, Ini Profil Singkat Kabupaten Pandeglang

Cuaca Adem dan Pemandangan Gunung yang Indah, Ini Profil Singkat Kabupaten Pandeglang

Cuaca Adem dan Pemandangan Gunung yang Indah, Ini Profil Singkat Kabupaten Pandeglang-Tangkapan Layar Youtube Raja Drone ID-

INFORADAR.ID - Kabupaten Pandeglang adalah salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Banten, Indonesia. Kabupaten ini terletak di bagian barat daya Pulau Jawa dan berbatasan dengan Samudra Hindia.

Kabupaten ini memiliki banyak potensi wisata alam, seperti Taman Nasional Gunung Krakatau, Pantai Tanjung Lesung, Pantai Carita, dan Pantai Labuan.

Karena dikelilingi dengan gunung, cuaca di Pndeglang cenderung lebih adem. Selain itu, kelebihan tinggal di daerah ini akan disuguhi dengan pemandangan gunung yang indah.

Suhu udara di Pandeglang berkisar dari 22,5 sampai 27,9 derajat celcius. Tapi seiring berjalannya waktu dan pemanasan global, suhu di daerah ini mulai naik.

Kabupaten Pandeglang juga memiliki sejarah yang kaya, terutama terkait dengan meletusnya Gunung Krakatau pada tahun 1883 yang mengakibatkan bencana alam dahsyat.

Pandeglang terkenal dengan kerajinan anyaman bambu dengan kualitas baik. Sering dijadikan kerajinan tangan seperti tikar anyam, peralatan dapur, dan lain-lain.

Di Ujung Kulon terdapat suaka margasatwa sebagai hutan lindung untuk habitat badak bercula satu yang terancam punah.

Daerah Pandeglang ini termasuk wilayah berbukit-bukit. Gunung yang terdapat di Pandeglng ini ada gunung Pulosari, karang, Aseupan, dan gunung rendah seperti gunung Raksa, Honje, Payung, dan gunung Tilu.

Kabupaten Pandeglang terdiri dari 35 Kecamatan, 335 Desa, dan jumlah penduduk yang mencapai 1.130.514 jiwa dari data tahun 2007.

Luas wilayah ini mencapai 2.746 kilometer dan terdapat setidaknya 412 jiwa per kilometernya.

Sebagian penduduk Kabupaten Pandeglang tidak kekurangan air bersih. Namun ada beberapa wilayah yang sedikit sulit mendapat air bersih di rumahnya.

Oleh karenanya Pemkab Pandeglang menyediakan sarana air bersih yang dikelola oleh PDAM.

tempat pariwisatanya cenderung dengan pariwisata alam seperti mendaki gunung, wisata pantai, dan wisata kolam mata air.

Tempat wisata yang dapat dikunjungi adalah:

  • Taman Nasional Ujung Kulon
  • Kolam renag alam Cikoromoy
  • Pemandian air panas Cisolong
  • Pantai Tanjung Lesung
  • Pantai Batu Hideung
  • Curug Putri (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: pandeglangkab.go.id