Ternyata, Ini Tips Menghilangkan Gugup dan Grogi Saat Public Speaking

Ternyata, Ini Tips Menghilangkan Gugup dan Grogi Saat Public Speaking

Ilustrasi: Pentingnya Mindset yang kuat dan fikiran yang positif agar saat public speaking tidak grogi dan gugup-Instagram@puandpw_dki-

INFORADAR.ID - Rasa gugup dan grogi adalah hal yang wajar dialami oleh semua orang, terutama pada saat public speaking. 

Bahkan orang yang sudah biasa berbicara di depan umum atau public speaking pun terkadang mengalami rasa gugup atau grogi. 

Orang yang merasa gugup atau grogi sebelum tampil di depan umum, dalam istilah public speaking disebut dengan demam panggung. 

Makanya bagi kamu yang ingin menjadi public speaker, atau ada tugas presentasi di depan umum, haruslah mengetahui tips agar tidak grogi dan gugup saat melakukan public speaking. 

Menurut chanel youtbe Presenta Edu, berikut tips agar menghilangkan rasa grogi atau gugup saat public speaking, 

1. Mindset Yang Kuat

Sebelum tampil di depan umum, maka pada saat itu pula kamu wajib memperkuat mindsetmu dan berfikir positif. Anggaplah dirimu sebagai orang yang di butuhkan orang lain dan di tunggu pembicaraannya. anggaplah mereka teman diskusimu yang ingin maju dan sukses bersama-sama. 

2. Berfikir Positif

Pikiran yang positif saat hendak melakukan public speaking sangatlah penting. Jauhkan pikiran-pikiran yang negatif saat hendak public speaking. Misalnya kamu takut akan audience yang berperilaku tidak sopan atau menentang mu saat bicara, takut akan terjadi kesalahan dalam pembicaraan, dan lain sebagainya. Hal tersebut perlu dijauhkan dari pikiranmu. 

3. Atur Nafas Yang Panjang

Jika sudah mengubah mindset dan berfikir positif, langkah selanjutnya sebelum tampil di depan umum kamu harus menghela nafas yang panjang. Tarik nafas minimal 3 kali sambil bayangkan hal hal yang baik, misalanya audience akan senang denganmu dan sebagainya. Jika sudah menghela nafas dan selanjutnya kamu yang akan maju, jangan lupa untuk berdoa. 

 

4. Sapa Audience Atau Penonton 

Jika sudah giliranmu tampil, maka selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah menyapa audiens pada saat masuk ruangan atau panggung, berikan komunikasi non verbal dengan gerakan tangan dan sapaan. Hal tersebut bisa menghilangkan rasa grogimu saat hendak melakukan public speaking.(*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: