Inilah Cara Perawatan Motor Saat Musim Hujan, Biar Tetep Gaspol

Inilah Cara Perawatan Motor Saat Musim Hujan, Biar Tetep Gaspol

Ilustrasi cara perawatan motor saat musim hujan-suky6661-pixabay.com

INFORADAR.ID - Selama musim hujan, harus memberikan perhatian khusus pada perawatan motor. Hal ini dikarenakan kandungan asam pada air hujan dapat merusak komponen-komponen motor.

Oleh karena itu, untuk memastikan berkendara yang aman dan nyaman saat musim hujan, perawatan dilakukan untuk menjaga kinerja optimal dari berbagai bagian motor.

Dikutip dari astra honda pada Kamis 8 Juni 2023, berikut ini beberapa tips perawatan motor saat musim hujan: 

Cuci Sepeda Motor

Cucilah sepeda motor setelah berkendara di tengah hujan atau setelah terkena air hujan saat diparkir. Hal ini untuk mencegah perkembangan korosi yang disebabkan oleh asam dalam air hujan.

Periksa Tekanan Angin Ban

Tekanan ban yang direkomendasikan untuk sepeda motor biasanya 29 psi di bagian depan dan 33 psi di bagian belakang. 

Periksa Komponen Rem

Sebenarnya tidak perlu menunggu musim hujan untuk memeriksakan komponen rem secara rutin. Karena perlengkapan ini merupakan salah satu penunjang utama kenyamanan dan keselamatan berkendara.

Setelah berkendara di tengah hujan, jangan lupa untuk membersihkan sela-sela rem untuk mencegah kotoran menempel pada interval rem. Kotoran yang menempel pada interval rem akan memperpendek umur rem Anda.

Periksa kondisi komponen rem, mulai dari tuas dan kabel hingga kanvas rem. Hal ini dikarenakan bahan kanvas rem yang terbuat dari asbes cenderung memuai saat basah dan mengeras saat kering.

Periksa Kondisi Rantai

Selain membersihkan dan melumasi rantai agar tidak cepat berkarat karena air hujan atau kotoran, periksa juga ketegangan rantai sepeda.

Pastikan tidak terlalu kencang atau terlalu kendur agar rantai dan sprocket tidak mudah aus dan rantai tidak keluar dari dudukannya. Ingatlah bahwa standar ketegangan rantai sepeda motor adalah 2 cm.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: astra-honda.com