Dari Bakiak Hingga Silat, Inilah Jenis Olahraga Tradisional Indonesia

Dari Bakiak Hingga Silat, Inilah Jenis Olahraga Tradisional Indonesia

Lompat Batu Nias merupakan salah satu olahraga tradisional Indonesia-@puspita_nagari-instagram.com

INFORADAR.ID - Selain memiliki kekayaan flora dan fauna dan keindahan alamnya, ada beberapa jenis olahraga tradisional Indonesia yang menambah kekayaan budaya bumi pertiwi.

Beberapa dari anda pasti familiar dengan olahraga tradisional Indonesia yang telah disusun oleh INFORADAR.ID dari berbagai sumber ini.

Bahkan anda mungkin sering memainkan atau melakukan kegiatan olahraga tradisional Indonesia ini sebagai bagian dari aktifitas harian.

Olahraga tradisional Indonesia telah lama dilakukan oleh kelompok budaya tertentu di negeri ini. Berasal dari berbagai daerah di Indonesia, tentu olahraga tradisional Indonesia memiliki nilai dan makna tersendiri.

Berikut inilah olahraga tradisional Indonesia yang perlu terus dilestarikan sebagai salah satu identitas budaya negara Indonesia tersebut.

Karapan Sapi

Uniknya, olahraga ini mirip dengan pacuan kuda, namun menggunakan tenaga sapi dan berlangsung di sawah yang belum digarap dan lahan basah lainnya.

Olahraga ini menekankan pada kelihaian dan keahlian para pembalap atau penunggang sapi, yang berusaha membawa sapi ke garis finish secepat mungkin.

Bakiak

Bakiak adalah olahraga dan permainan khas Indonesia yang membutuhkan ketangkasan, kepemimpinan, kejujuran dan kerja sama tim. Bakiak biasanya dipertandingkan pada acara peringatan kemerdekaan, dan tim bakiak biasanya terdiri dari tiga orang.

Pathol

Olahraga yang mirip gulat ini berasal dan berkembang di Kecamatan Sarang, Rembang, Jawa Tengah. Pada masa Kerajaan Majapahit, patrul merupakan salah satu tes untuk mencari calon prajurit dan ksatria.

Pada masa Kerajaan Majapahit, patrul merupakan salah satu tes untuk mencari calon prajurit dan kesatria, dan olahraga ini menjadi kebanggaan karena dapat meningkatkan taraf hidup keluarga prajurit.

Saat ini, olahraga ini sering digunakan sebagai pengiring dalam berbagai upacara keagamaan, seperti saat bulan purnama atau upacara sedekah laut di pantai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: