Dari Kambing Sampai Unta, Inilah Harga Hewan Kurban untuk Idul Adha 2023

Dari Kambing Sampai Unta, Inilah Harga Hewan Kurban untuk Idul Adha 2023

Ilustrasi tentang harga hewan kurban untuk Idul Adha 2023-mufidpwt-pixabay.com

INFORADAR.ID - Umat Islam akan merayakan Idul Adha 2023 pada tanggal 10 Zulhijjah. Menjelang Idul Adha 2023, permintaan akan hewan kurban diantaranya sapi, kambing, kerbau dan domba akan meningkat. 

Memasuki Idul Adha 2023 ini mulai banyak penjual hewan kurban dari berukuran kecil dan besar menjajakan hewan kurban di tepi-tepi jalan.

Bagi Anda yang ingin berkurban pada tanggal 10 Dzulhijjah atau pada Idul Adha 2023, sebaiknya memperhatikan harga hewan kurban.

Idul Adha, juga dikenal sebagai Hari Raya Haji atau Hari Raya Kurban, adalah salah satu perayaan penting dalam agama Islam yang dirayakan oleh umat Muslim di seluruh dunia. 

Perayaan Idul Adha biasanya dimulai dengan melaksanakan salat Idul Adha di pagi hari. Setelah salat, umat Muslim yang mampu menjalankan ibadah kurban dengan menyembelih hewan ternak, seperti domba, sapi, atau kambing.

Hewan-hewan tersebut harus memenuhi syarat-syarat tertentu yang ditetapkan dalam agama Islam, dan dagingnya dibagikan kepada keluarga, tetangga, dan yang membutuhkan.

Idul Adha adalah waktu yang berharga bagi umat Muslim untuk merenungkan nilai-nilai ketaatan, pengorbanan, dan solidaritas.

Ibadah kurban mengingatkan umat Muslim akan pentingnya keikhlasan dalam berkorban demi ketaatan kepada Allah dan kepedulian terhadap sesama.

Selain ibadah kurban, Idul Adha juga menjadi waktu bagi umat Muslim untuk berkumpul dengan keluarga dan kerabat.

Mereka saling mengunjungi, bertukar ucapan Idul Adha, serta berbagi makanan dan hidangan lezat

Dikutip dari laman sapi.com oleh INFORADAR.ID pada (5/6/2023), inilah harga hewan kurban untuk Idul Adha 2023.

Kambing: Hewan kurban yang paling umum adalah kambing; harga kambing pada Idul Adha 2023 diperkirakan berkisar antara Rp 2 juta hingga Rp 6 juta, tergantung pada usia dan beratnya.

Sapi: Sapi dianggap sebagai hewan yang paling cocok untuk dikurbankan. Harga seekor sapi diperkirakan berkisar antara Rp 18 juta hingga Rp 100 juta, tergantung pada usia dan beratnya.

Kerbau: Di beberapa daerah, kerbau juga dikurbankan sebagai pengganti sapi. Pada tahun 2023, harga kerbau kurban diperkirakan akan berkisar antara Rp 25 juta hingga Rp 35 juta, tergantung pada usia dan berat kerbau.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: