Mengenal Tempat Wisata Religi di Banten

Mengenal Tempat Wisata Religi di Banten

Situs Batu Qur'an, salah satu tempat wisata religi di Banten yang selalu ramai dikunjungi wisatawan dan [email protected]

INFORADAR.ID - Banten terkenal dengan tempat wisata religi yang menarik banyak peziarah setiap harinya.

Dengan mengunjungi tempat wisata religi di Banten dapat menambah pengetahuan Anda tentang Islam sekaligus beribadah.

Situs-situs tempat wisata religi di Banten juga syarat akan nilai sejarah. Diantaranya adalah makam para ulama, sultan dan syekh.

Tempat wisata religi di Banten memiliki daya tarik tersendiri. Hal ini dikarenakan lokasinya yang indah dan juga karena diakui sebagai tempat suci.

Kompleks Pemakaman Kesultanan Banten: Situs ini merupakan tempat dimakamkannya para bangsawan Kesultanan Banten. Makam Sultan Maulana Hasanuddin dan istrinya, Sultan Agen Tirtayasa dan Sultan Abu Nasir Abdul Kohar terletak di sini. Ada juga makam Sultan Maulana Muhammad dan Sultan Zainul Abidin.

Makam Sultan Maulana Yusuf: Tidak jauh dari Kompleks Banten Lama, di Kecamatan Kasemen, Serang, terdapat makam Sultan Maulana Yusuf. Sultan ketiga Kesultanan Banten ini dimakamkan di desa Margaluyu.

Keraton Kaibon: Keraton Kaibon didirikan pada tahun 1815 dan menjadi tempat kediaman Ratu Aisyah. Keraton Kaibon menjadi saksi perjuangan Sultan Syaifudin, Sultan Banten ke-21, melawan penjajahan VOC Belanda.

Keraton Surosowan: Terletak tidak jauh dari Masjid Agung Banten dan dibangun antara tahun 1522-1526. Namun, keraton ini hancur akibat serangan Belanda pada tahun 1680 dan 1813. Hanya reruntuhannya saja yang bisa dilihat, namun Keraton Surosowan merupakan bangunan yang megah.

Masjid Tanara: Tidak ada petunjuk sejarah bahwa masjid ini dibangun oleh Sultan Maulana Hasanuddin, namun keberadaannya menambah pengetahuan sejarah kita tentang khazanah Islam. Arsitektur dan aksesoris masjid ini sangat lekat dengan ciri khas Islam. 300 meter dari masjid ini terdapat makam Pangeran Sunyararas, putra Sultan Maulana Hasanuddin.

Situs Batu Qur'an: Berada di Desa Kadubumbang, Kecamatan Cimanuk, Kabupaten Pandeglang, terdapat mata air yang jernih di lokasi ini. Airnya yang dingin konon berasal dari mata air zamzam. Di sini juga terdapat sebuah batu besar yang konon merupakan batu pijakan Syekh Maulana Mansyur saat hendak menuju kota suci Mekkah.

Itulah beberapa dari sekian banyak situs religius di Banten yang layak dikunjungi untuk menambah pengetahuan dan memperkuat iman Islam Anda. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: