Cara Mengubah Kamera HP Menjadi Webcam Laptop

Cara Mengubah Kamera HP Menjadi Webcam Laptop

Ilustrasi cara merubah kamera HP menjadi webcam laptop-pixabay.com/KarstenBergman-

INFORADAR.ID - Jika merasa kamera laptop atau webcam kurang bagus menghasilkan gambar, inilah cara merubah kamera HP menjadi webcam laptop yang bisa anda gunakan.

Cara merubah kamera HP menjadi webcam laptop ini akan membantu anda untuk video meeting hingga live streaming.

Banyak langkah yang bisa dilakukan anda agar mengetahui cara merubah kamera HP menjadi webcam laptop. Misalnya memakai aplikasi yang kompatibel untuk jenis hp yang digunakan.

Lalu bagaimana cara merubah kamera hP menjadi webcam laptop atau komputer tersebut?

Berikut ini cara merubah kamera HP menjadi webcam laptop yang dirangkum INFORADAR.ID dari berbagai sumber tersebut:

Untuk merubah kamera HP menjadi webcam laptop, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

Langkah 1: Periksa Kompatibilitas

Pastikan ponsel Anda mendukung fungsi tethering USB dan laptop Anda mendukung koneksi USB. Sebagian besar ponsel modern memiliki fitur ini, tetapi ada beberapa yang mungkin tidak mendukung. Pastikan juga laptop Anda memiliki kabel USB yang tepat untuk menghubungkan ponsel ke laptop.

Langkah 2: Instal Aplikasi Webcam di Laptop

Anda perlu menginstal aplikasi webcam di laptop Anda untuk menggunakan kamera ponsel sebagai webcam. Ada beberapa aplikasi yang tersedia yang dapat Anda gunakan, seperti DroidCam (tersedia untuk Windows) atau EpocCam (tersedia untuk Windows dan macOS). Anda dapat mencari aplikasi webcam yang sesuai dengan sistem operasi laptop Anda.

Langkah 3: Instal Aplikasi Pendukung di Ponsel

Setelah menginstal aplikasi webcam di laptop, Anda perlu mengunduh dan menginstal aplikasi pendukung yang sesuai di ponsel Anda. Aplikasi ini akan memungkinkan ponsel terhubung dengan laptop melalui kabel USB. Aplikasi ini biasanya tersedia di toko aplikasi ponsel, seperti Google Play Store atau App Store. Cari aplikasi yang sesuai dengan aplikasi webcam yang Anda instal di laptop.

Langkah 4: Menghubungkan Ponsel ke Laptop

Sambungkan ponsel ke laptop menggunakan kabel USB. Pastikan Anda memilih opsi "Transfer File" atau "Transfer Foto" saat diminta di ponsel Anda, bukan opsi "Pengisian Daya".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: