Apakah Oversharing Atas Pencapaian Hidup Diperbolehkan? Ini Tanggapan Mahasiswa

Apakah Oversharing Atas Pencapaian Hidup Diperbolehkan? Ini Tanggapan Mahasiswa

mahasiswi UIN SMH Banten-Yasinta-

INFORADAR.ID - Oversharing adalah menceritakan tentang kehidupan pribadi  ataupun pencapaian goals kita secara berlebihan hingga menjadi konsumsi pembicaraan orang lain.

Adapun bahaya dari oversharing ini diantaranya; orang bisa seenaknya menghancurkan kita dengan membongkar cerita kita.

Selain itu, merusak citra diri yang dibangun, serta menjadi orang yang tidak bisa mengkontrol diri.

Oversharing ini beda dengan Personal Branding karena personal branding itu menunjukkan  pencapaian yang kita miliki  bertujuan untuk  mengetahui value kita, dan sebagai penunjang karir yang dimiliki.

Jika konteksnya bermaksud ingin menceritakan proses pencapaian yang kita miliki apakah itu boleh? 

Berikut berdasarkan tanggapan beberapa  Mahasiswa UİN Sultan Maulana Hasanudin, Banten.

Menurut Dian, oversharing atas proses pencapaian kepada orang lain ada sisi positif dan negatifnya, berikut pendapatnya.

"Menurut ku ada sisi positif dan negatif akibat oversharing itu, kalo positifnya pencapaian itu bisa bikin mereka termotivasi, terus kalo negatifnya oversharing sama orang lain tentang pencapaian sebenernya gabaik soalnya kan  bisa aja  mereka malah iri atau gasuka karna di dunia ini gak akan ada orang yang selalu pro sama kita pasti ada kontranya gitu," ujar Dian Sofianti, Mahasiswa UİN Sultan Maulana Hasanudin Banten.

Menurut Gres, ia merasa kontra ketika harus melakukan oversharing kepada orang lain, berikut pendapatnya.

"Kebetulan saya orangnya sangat menjaga privasi yah, tetapi kita harus tetap harus tau situasi dan kondisi setiap orang kan tidak semua sama, ada yang peduli dan bahkan ada yang kesal akan hal yang sudah saya capai apalagi sampai oversharing, karna saya tidak mencari perhatian orang lain kecuali mereka yang mau tau tentang apa saja pencapaian dan bagaimana mendapatkan itu semua nah disitu baru saya akan menjelaskan pengalaman dan pencapaian saya," ujar Gresbergiani Nuradha Suhadani, Mahasiswa UİN Sultan Maulana Hasanudin Banten.

Menurut Ayu, oversharing itu ga terlalu baik jika dilakukan karena bisa aja orang berpendapat buruk tentang kita, berikut pendapatnya.

"Kalau buat oversharing tentang pencapaian atau suatu keberhasilan diri menurut gua juga sama aja ga terlalu baik, kenapa? Karena ga semua orang bisa paham sama apa yang kita ceritakan, bisa aja orang tersebut mikirnya kita itu sombong karena cerita sana sini tentang keberhasilan, atau bisa aja orang tersebut merasa iri sama pencapaian kita. Hal yang kaya gitu kan jadinya berdampak kurang baik ke orang yang mendengarkan," ujar Ayu Lestari, Mahasiswa UİN Sultan Maulana Hasanudin Banten.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: