Awas, Kenali 4 Bahaya Penggunaan Earphone Saat Tidur

Awas, Kenali 4 Bahaya Penggunaan Earphone Saat Tidur

ILUSTRASI: Bahaya pengunaan earphone atau headphone saat tidur -Sumber: freepik.com-

INFORADAR.ID- Penggunaan earphone, headset dan headphone sering digemari kalangan milenial. Benda ini juga kerap digunakan saat hendak tidur dengan alih-alih untuk merefleksi pikiran demgan mendengarkan musik.

Earphone dengan fungsinya yang bisa memberikan suara dengan jelas dan tidak mengganggu orang sekitar, membuat banyak orang yang tidak bisa lepas dari penggunaan earphone saat tidur.

Selain memiliki banyak fungsi, earphone juga memiliki bahaya yang dapat merusak organ tubuh lho. 

Penggunaan earphone yang salah dan dalam jangka waktu yang lama membuat organ pendengaran sangat bekerja extra, apalagi menggunakan nya disaat tidur. 

Yuk, kenali bahaya penggunaan earphone saat tidur!!

1. Menurunkan Fungsi Telinga

Terlalu lama dan sering menggunakan earphone saat tidur dapat membuat kerusakan pada indra pendengaran. Apalagi jika dengan volume yang keras. 

2. Infeksi Telinga

Penggunaan earphone yang tidak benar dapat membuat telinga berdenging dan tidak nyaman. Apalagi jika kamu menggunakan earphone secara bergantian dengan teman mu, ini membuat penyebaran bakteri yang membuat infeksi pada telinga.

3. Aliran Udara Tersumbat

Tidak stabilnya udara dalam telinga dapat menyumbat udara yang mengakibatkan mengerasnya kotoran dalam telinga.

4. Kerusakan Otak Karena Bekerja Extra

Saat mendengarkan musik otak tidak beristirahat namun harus terus bekerja dengan gelombang elektromagnetik yang dapat merusak sel-sel saraf pada otak.

Nah, bahaya sekali kan penggunaan earphone saat tidur. Bahkan penggunaan earphone dalam jangka waktu lama dengan volume keras bisa merusak organ tubuh kita.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: