Amankan KTT ASEAN 2023, TNI- Polri Terjunkan Pasukan Elit

Amankan KTT ASEAN 2023, TNI- Polri Terjunkan Pasukan Elit

Untuk amankan KTT ASEAN di Labuan Bajo, NTT, TNI dan Polri turunkan pasukan elit. Foto: Laman FB Puspen TNI -----

INFORADAR.ID --- Untuk mengamankan KTT ASEAN 2023, di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, pada 10 - 11 Mei 2023, TNI dan Polri mengerahkan pasukan elitnya. 

 

Pasukan elit dari TNI terdiri dari tiga matra (TNI AD, TNI AU dan TNI AL) ditambah satu dari Detasemen Khusus Penanggulangan Terorisme (Densus 88) Polri. 

 

Pasukan elit TNI terdiri dari Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNI AD, Dentasemen Jala Mangkara (Denjaka) TNI AL, dan Komando Pasukan Gerak Cepat (Kopasgat) TNI AU. 

 

Pasukan elit tersebut diberangkatkan dari Jakarta untuk mengamankan perhelatan internasional pekan depan yang digelar tanggal 10-11 Mei 2023, di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur.

 

Para pasukan elit Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang ditugasi mengamankan KTT ASEAN 2023 itu dipilih dari satuan Pasukan Khusus TNI (Koopsus TNI) di bawah komando langsung Komandan Satuan Tugas Pasukan Khusus (Dansatgaspassus) Pam VVIP. 

 

Sedangkan untuk pasukan dari Detasemen Khusus Antiteror Polri disupervisi langsung oleh Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo. 

 

Dilansir dari laman FB Pusat Penerangan TNI, tidak seperti anggota militer dan polisi biasa, mereka direkrut melalui proses seleksi yang sangat ketat dan harus memiliki tingkat kemahiran yang tinggi dalam pertempuran dan pengintaian khusus. Diantaranya tugas-tugas lainnya seperti sabotase, penghancuran, intelijen, dan berbagai kompetensi lainnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: