Akses Menuju Pelabuhan Ciwandan Macet Parah, Inilah 6 Penyebabnya

Akses Menuju Pelabuhan Ciwandan Macet Parah, Inilah 6 Penyebabnya

Dirjen Hubdat Hendro Sugiatno (kemeja putih) saat memberikan keterangan pers. Ia mengatakan kemacetan parah pada akses menuju Pelabuhan Ciwandan disebabkan oleh 6 hal. Foto: Bayu Mulyana--

CILEGON, INFORADAR.ID --- Belum juga puncak arus mudik Lebaran 2023, akses menuju ke Pelabuhan Ciwandan, Cilegon sudah macet parah berjam-jam. Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat) menyebut, ada 6 penyebab kemacetan. 

 

Macet parah akses menuju Pelabuhan Ciwandan mengular hingga Jalan Lingkar Selatan (JLS) Kota Cilegon, terjadi pada Sabtu, 15 April hingga Minggu, 16 April 2023.

 

Padahal dibukanya Pelabuhan Ciwandan sejak awal musim mudik Lebaran 2023 untuk mengurai kemacetan parah yang selalu terjadi setiap tahunnya di Pelabuhan Merak. 

 

Seperti diketahui, Pelabuhan Ciwandan hanya dikhususkan untuk pemudik yang menggunakan motor dan truk angkutan barang. Sementara Pelabuhan Merak dikhususkan untuk mobil pribadi dan bus.

 

Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan Hendro Sugiatno menyebut, terdapat 6 (enam) hal yang menyebabkan kemacetan parah akses menuju Pelabuhan Ciwandan. 

1. Terjadinya peningkatan gerakan truk hingga 60 % dari biasanya. Berdasarkan catatan yang diperoleh Ditjen Hubdat, jumlah truk mencapai ribuan.

2. Jumlah kapal kurang

3. Jumlah tugboat kurang

4. Banyak truk memilih tujuan Pelabuhan Bakauheni. Padahal, ada kapal yang disiapkan menuju Pelabuhan Panjang, Bandarlampung.

5. Banyak pemudik masuk pelabuhan, padahal belum mempunyai tiket.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: