Korlantas Polri Gandeng Google Bantu Memperlancar Mudik Lebaran 2023

Korlantas Polri Gandeng Google Bantu Memperlancar Mudik Lebaran 2023

Tim dari Korlantas Polri dan Google foto bersama usai Rakor. Foto: Tangkapan layar laman korlantas.polri.go.id -----



INFORADAR.ID --- Untuk mendukung kesuksesan penanganan arus mudik Lebaran tahun 2023, Korlantas Polri menggandeng Google untuk membantu memperlancar mudik Lebaran 2023.

Guna menghadapi arus mudik Lebaran Tahun 2023, Korlantas dan Google menggelar rapat koordinasi dan kerja sama pelayanan informasi tersebut.

Mekanismenya, untuk memberikan layanan informasi bagi pemudik, sejumlah data layanan informasi yang dimiliki oleh Korlantas Polri bakal terhubung ke Google Maps.

Kerja sama antara Korlantas Polri dan Google ini merupakan yang kedua kalinya, setelah pada kerja sama tahun lalu dinilai sukses memberikan layanan kepada pemudik Lebaran 2022.

Kabagops Korlantas Polri Kombes Pol Eddy Djunaedi mengatakan pada tahun 2023 ini Google Maps menambah fitur, seperti pos pengamanan, pos pelayanan, rest area.
"Mudah-mudahan masyarakat bisa menggunakan dengan baik. Ini memudahkan bagi kami stakeholder terkait," kata Kombes Eddy sebagaimana dikutip dari laman korlantas.polri.go.id, Minggu, 12 Maret 2023.

Kabagops berharap, kerja sama dan adanya aplikasi Google Maps ini dapat bermanfaat bagi masyarakat untuk menentukan perjalanan mudik di jalan tol maupun non tol.

"Nanti dalam Surat Keputusan Bersama bisa kita masukkan dalam fitur Google Maps. Jadi cara bertindak kita seperti pengalihan arus, buka tutup, contraflow atau oneway memudahkan masyarakat dan aman nyaman melalui ruas jalan tersebut,” tambahnya.

Korlantas juga akan memberikan informasi kondisi lalulintas terkini kepada Google Maps agar masyarakat dapat mengakses langsung informasi.

Diprediksi mudik tahun ini 123 juta masyarakat akan melakukan perjalanan mudik, meningkat dari tahun lalu yaitu 85 juta.

Sementara itu, Strategic Partnerships Manager Geo, Google Maps Indonesia Galuh Rohmah mengatakan prediksi mudik tahun ini yang meningkat dibanding tahun lalu menjadikan user Google Maps sebagai prioritas.

Turut hadir dalam diskusi, antara lain Karodalops Sops Polri Brigjen Pol Endi Sutendi, Director of Product partnership Google Asia Pasific Kirk Mitchell, Head Google of Asia Tenggara Cordula Oertel, perwakilan Kemenhub, Jasa Marga dan BPJT.

Editor: M Widodo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: