Negara dengan Armada Angkatan Laut Terkuat di Dunia, Indonesia Nomor?

Negara dengan Armada Angkatan Laut Terkuat di Dunia, Indonesia Nomor?

Grafis: --- Laman indonesiabaik.id - kemen kominfo -----

INFORADAR.ID --- Kekuatan armada laut Indonesia tak boleh dianggap remeh. Sebagai negara maritim, dengan 17 an ribu pulau sudah selayaknya dijaga. 

Untuk itu wajar bila Indonesia memiliki banyak armada angkatan laut yang kuat dan disegani guna menjaga kedaulatan negara. 

Setidaknya ada beberapa negara di dunia yang memiliki armada angkatan laut terkuat di dunia. Lantas armada angkatan laut Indonesia berada di nomor berapa? 

Tahun ini, kekuatan armada laut RI menempati urutan enam, tepat satu tingkat di atas Italia dan di bawah Swedia.

Dikutip dari laman indonesiabaik.id - kemen kominfo, baru-baru ini, lembaga pemeringkatan Global Firepower (GFP) merilis laporannya mengenai data kekuatan militer 145 negara di seluruh dunia yang ditinjau melalui lebih dari 60 faktor dengan sejumlah kategori, mulai dari unit militer, status keuangan, hingga kemampuan logistik suatu negara.

Nah, bagi Indonesia sendiri menempati peringkat ke-13 secara akumulatif berdasarkan kekuatan militernya pada tahun 2023. Indonesia memiliki skor 0,2221 serta berhasil mengalahkan skor Mesir dan Ukraina.

Sementara, dalam peringkat global, Indonesia menempati urutan keenam dengan skor 324. Indonesia berada tepat di atas Italia yang memiliki skor 313 dalam daftar global. Adapun, skor kekuatan armada laut dihitung dari seluruh jenis kapal perang yang ada di negara tersebut loh!

 

Editor: M Widodo

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: