7 Negara Pemakan Mi Instan Terbanyak di Dunia, Ternyata Indonesia Nomor .....

7 Negara Pemakan Mi Instan Terbanyak di Dunia, Ternyata Indonesia Nomor .....

Inilah 7 negara pengkonsumsi mie instan terbanyak di dunia. Grafis: --- Laman indonesia.baik.id -----

INFORADAR.ID --- Mie instan merupakan makanan favorit dan punya banyak penggemar di seluruh dunia. Mungkin saja karena makanan ini sangat praktis dan mudah diolahnya serta mudah ditemukan dimana-mana. 

Baru-baru World Instant Noodles Association (WINA), mencatat negara-negara di dunia yang warganya gemar makan mie instan. Berikut ini ditampilkan 7 (tujuh) negara dengan konsumsi mie instan terbanyak di dunia. Lalu Indonesia berada di nomor urut berapa? 

Mie instan telah menjadi makanan alternatif dan favorit bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Percaya nggak? Menurut data yang dikeluarkan WINA setidaknya mencatat 7 negara di dunia yang masyarakatnya gemar makan mie instan. 

Dikutip dari laman indonesiabaik.id/kemen.kominfo, berdasarkan data Instantnoodles, konsumsi mi instan Indonesia meningkat 4,98% menjadi 13,27 miliar bungkus pada 2021 dibanding tahun sebelumnya. 

Jumlah tersebut menempatkan konsumsi Indonesia merupakan yang terbesar kedua di dunia setelah Tiongkok dengan konsumsi sebesar 43,99 miliar bungkus pada tahun lalu 

Di sisi lain, hasil survei Pengeluaran untuk Konsumsi Penduduk Indonesia oleh Badan Pusat Statistik (BPS) pada Maret 2021 menunjukkan, penduduk Indonesia mengkonsumsi 48 bungkus mi instan dalam setahun atau total seluruh Indonesia mencapai 13,2 miliar bungkus, dengan rata-rata berat per bungkus adalah 80 gram.

Tapi, enggak hanya soal konsumsi saja yang tinggi, ternyata Indonesia juga menguasai raja mi instan di dunia, hal ini terbukti dari nilai ekspor-impornya loh!

Nyatanya, Indonesia tidak hanya mengkonsumsi untuk di dalam negeri saja. Mi instan Indonesia sudah diekspor dengan tren yang meningkat termasuk ke pasar non-tradisional. BPS mencatat, volume ekspor mi instan Indonesia tahun 2020 mencapai US$271,337 juta dan menjadi US$227,093 juta di tahun 2021. 

Ekspor mi instan Indonesia tahun 2020 sebagian besar ditujukan ke Malaysia (31,40%), diikuti Australia (9,84%), Singapura (4,70%), Amerika Serikat (4,51%) dan Timor Leste (4,25%).

Jadi dapat dikatakan bahwa mi instan dan produk lainnya asal Indonesia memiliki cita rasa tersendiri di kalangan penikmat mi nih ya!

 

Editor: M Widodo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: