KKM Untirta Latih Warga Menanam Hidroponik

KKM Untirta Latih Warga Menanam Hidroponik

--

INFORADAR.ID – Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) Tematik kelompok 118 Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) di Desa Wanayasa, Kecamatan Pontang, Kabupaten Serang sukses menggelar pelatihan hidroponik. Pelatihan itu guna menjaga ketahanan pangan rumah tangga.

 

Dalam pelatihan hidroponik memiliki tujuan untuk meningkatkan kesadaran warga Desa Wanayasa dan sekitarnya, terhadap pentingnya menjaga ketahanan pangan rumah tangga. 

 

Tidak sekedar memberikan pengetahuan tentang hidroponik, para mahasiswa KKM Tematik ini juga mendatangkan pelatih yakni Muhammad Teguh Arrosid selaku Owner Bumi Teduh, yang berkompeten dibidang tersebut.  

 

Dalam pelatihan tersebut, masyarakat diperkenalkan tentang merawat tanaman secara hidroponik. Selain itu, Teguh juga mempraktikkan cara menanam tanaman hidroponik yang baik dengan alat peraga sederhana. 

 

Memilih melakukan pelatihan hidroponik terhadap masyarakat Desa Wanayasa bukan tanpa sebab. Melihat hasil tani yang melimpah, namun warga masih minim akan pengetahuan sistem bertani seperti hidroponik. 

 

Selain itu, sebelumnya Desa Wanayasa sudah memiliki program serupa, namun hanya diberikan materi saja. Agar materi yang didapat bisa diterapkan, Mahasiswa KKM Tematik menindaklanjuti dengan mengadakan pelatihan penanaman hidroponik. 

 

Alat yang digunakan juga tidak terlalu berat, warga bisa memanfaatkan barang bekas untuk diterapkan dalam budidaya tanaman secara hidroponik. Dalam pelatihan yang diselenggarakan, tanaman yang diutamakan adalah sayuran seperti sawi dan pakcoy.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: